PENGARUH DEBT TO EQUITY RASIO (DER), OPINI AUDIT, KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015 – 2019)

RIZKY, ADITYA WIRAWAN (2022) PENGARUH DEBT TO EQUITY RASIO (DER), OPINI AUDIT, KEPEMILIKAN PUBLIK TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2015 – 2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tepat waktu merupakan aspek terpenting dalam sebuah laporan keuangan. Suatu laporan keuangan akan dikatakan relevan jika di sampaikan tepat waktu. Ketepatan waktu penyampaian laporan telah diatur dalam UU No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal. Dengan adanya peraturan tersebut tidak menjadikan semua laporan disampaikan tepat waktu. Pada kenyataannya, setiap tahun masih terdapat perusahaan yang terlambat. Oleh karena itu adapun faktor yang diduga mempengaruhi ketepatan suatu perusahaan dalam penyampaian laporan keuangan antara lain Debt to Equity Ratio (DER), Opini audit dan Kepemilikan publik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Opini Audit dan Kepemilikan Publik secara parsial dan simultan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh Debt To Equity Rasio (DER), opini audit, kepemilikan publik terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan secara parsial dan simultan. Dalam penelitian ini metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2015-2019. Berdasarkan dalam pemilihan sampel maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 sampel data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS V.20. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Opini Audit berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. variabel Debt To Equity Rasio (DER) dan Kepemilikan Publik berpengaruh tidak signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Penelitian secara simultan menunjukan bahwa variabel Debt To Equity Rasio (DER), Opini Audit dan Kepemilikan Publik tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Kata kunci : Debt To Equity Rasio (DER), Kepemilikan Publik, Ketepatan waktu, Opini Audit,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:43
Last Modified: 25 Feb 2022 05:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item