ANALISIS TREND DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAAN PEMBELIAN FASHION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada pembeli produk di Toko Melstore Jkt Lampung)

DEVI, ANGGRAENI (2022) ANALISIS TREND DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAAN PEMBELIAN FASHION DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada pembeli produk di Toko Melstore Jkt Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEVI ANGGRAENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Trend adalah sesuatu yang sedang menjamur atau sedang disukai oleh orang banyak. Sedangkan Diskon adalah pengurangan harga suatu produk dari harga normal dalam suatu periode tertentu. Keputusan pembelian adalah membeli suatu barang yang ditawarkan dengan didasari niat untuk membeli barang tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana sebuah trend dan diskon dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian fashion? dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap adanya sebuah trend dan diskon dalam keputusan pembelian fashion. Adapaun tujuan dari penelitian ini, yaitu : untuk mengetahui pengaruh trend dan diskon dalam memutuskan sebuah pembelian oleh kosumen terhadap suatu produk yang dia inginkan atau diminati oleh orang-orang yang mengerti tentang trend fashion serta pandangan Ekonomi Islam tentang keputusan pembelian yang dilakukan karena adanya trend dan diskon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan membaca, memahami, dan mencatat berbagai bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan serta mencari data yang yang bersumber dari pemilik dan konsumen di Toko Melstore Jkt Lampung. Adapun sifat dari penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan pendekatan deduktif yang berasal dari wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitiaan ini menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Sampling Insidential. Sampling insidential adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang itu kebetulan cocok sebagai responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setiap adanya trend dan diskon berpengaruh terhadap konsumen yang ingin melakukan pembelian produk, hal ini juga harus sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki para pembeli. Memahami kebutuhan dan keinginan yang akan dipenuhi terlebih dahulu adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pembeli agar tidak menjadi konsumen yang konsumtif. Dalam islam pun dijelaskan bahwa sebagai manusia selalu berusaha keras untuk memperoleh apa yang menyenangkannya adapun trend dan diskon adalah kegiatan yang diperbolehkan oleh islam selagi tidak merugikan sesama penjual dan pembeli, sesuai dengan ketentuan syariat islam. Namun Allah SWT mengingatkan seharusya menusia lebih keras lagi berusaha untuk memperoleh apa yang ada pada sisinya dan memanfaatkan harta hendaklah sejalan dengan petunjuk-petunjuk Allah SWT. Kata kunci : Trend dan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:16
Last Modified: 25 Feb 2022 05:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17766

Actions (login required)

View Item View Item