PENGARUH COST OF LOANABLE FUND, OVERHEAD COST, DAN RISK FACTOR TERHADAP MARGIN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2019

GALIH, INTAN (2022) PENGARUH COST OF LOANABLE FUND, OVERHEAD COST, DAN RISK FACTOR TERHADAP MARGIN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP GALIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini meneliti tentang “Pengaruh Cost of Loanable Fund, Overhead Cost, dan Risk Factor Terhadap Margin Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2017- 2019”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah cost of loanable fund berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah?; (2) Apakah overhead cost berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah?; (3) Apakah risk factor berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah?; (4) Apakah cost of loanable fund, overhead cost, dan risk factor berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah?; Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplansif dengan menggunakan data sekunder yang berupa laporan keuangan bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada periode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang terdaftar di BI dan OJK periode 2017-2019, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik puposive sampling yaitu teknik penetuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga diperoleh 13 bank. Pengumpulan data menggunakan data panel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, multikolineritas, heteroskedasitas dan autokorelasi. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji F, uji t dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Cost of loanable fund berpengaruh signifikan terhadap margin pembiayaan murabahah; (2) Overhead cost berpengaruh signifikan terhadap margin pembiayaan murabahah; (3) Risk factor tidak berpengaruh signifikan terhadap margin pembiayaan murabahah; (4) Cost of loanable fund, overhead cost, dan risk factor secara simultan berpengaruh terhadap margin pembiayaan murabahah; Kata kunci: Cost of Loanable Fund, Overhead Cost, Risk Factor, Margin Pembiayaan Murabahah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:10
Last Modified: 25 Feb 2022 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17765

Actions (login required)

View Item View Item