Upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah ibtidaiyah Negri 1 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2016/2017

Kusumawati, Kusumawati (2017) Upaya guru fiqih dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Madrasah ibtidaiyah Negri 1 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2016/2017. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (849kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
PDF
Download (122kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (46kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (26kB) | Preview

Abstract

Didalam proses belajar mengajar model pembelajaran adalah hal yang perlu diperhatikan, karena dengan menerapkan model pembelajaran yang baik dapat meningkatkan/ membangkitkan prestasi belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Model pembelajaran Jigsaw merupakan salah satu variasi model Collaborative Learning yaitu proses belajar kelompok dimana setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya, untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota. Model pembelajaran ini apabila diterapkan dengan baik akan membawa dampak yang baik terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di dalam kelas dan nantinya prestasi belajar siswa juga akan dapat meningkat menjadi lebih baik lagi. Untuk itu penulis mencoba untuk mengkaji fenomena yang terjadi di MIN 1 Bandar Lampung dimana Guru Al-Qur’an Hadits telah menerapkan model pembelajaran ini dengan baik, akan tetapi prestasi belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an hadits masih ada yang belum tuntas hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk meneliti lebih lanjut apakah ada hubungan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan peningkatan prestasi belajar siswa.Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut :Seberapa besar hubungan yang signifikan antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Bandar Lampung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Bandar Lampung.Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara kuesioner, observasi,wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment baik dengan program SPSS maupun secara manual untuk menarik kesimpulan dalam penelitian ini.Dari hasil analisis penelitian yang dilakukan didapat hasil r hitung lebih besar dari pada nilai rtabel harga kritik dari r Product Moment atau rhitung > rtabel =0,885 > 0, 381 ( hasil intervolasi α = 0,05 dan N = 32 ). Kemudian untuk mengetahui kuat atau tidaknya koefesien korelasi, r hitung diinterpretasikan pada tabel interpretasi r Product Moment, dan didapat korelasi yang kuat (tinggi) dengan demikian Ha yang penulis ajukan yakni terdapat hubungan yang signifikan antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bandar Lampung diterima dan Ho yang berbunyi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bandar Lampung ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:42
Last Modified: 31 Oct 2017 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item