ANALISIS PENDAPATAN PETANI KARET DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

FERDIYANTO, FERDIYANTO (2022) ANALISIS PENDAPATAN PETANI KARET DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembangunan sektor pertanian diarahkan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dan kebutuhan industri dalam negeri, meningkatkan ekspor meningkatkan kesempatan berusaha. Di Kabupaten Lampung Selatan sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah bertani seperti menanam palawija dilanjutkan dnegan penanaman komoditi perkebunan seperti karet, singkong, dan kelapa sawit, secara teknis komoditi lahan di Kabupaten Lampung Selatan sangatlah mendukung, masih banyak lahan kritis yang belum dimanfaatkan di Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan potensi untuk pengembangan perkebunan kedepannya. Salah satunya adalah Desa Srikaton hampir setiap rumah tangga yang ada di Desa Srikaton bekerja sebagai petani karet. meskipun Desa Srikaton merupakan salah satu Desa penghasil karet di Kabupaten Lampung Selatan, namun kenyataan menunjukkan tidak semua masyarakat petani karet hidup dalam kondisi yang lebih baik dan dengan luas lahan yang sama tetapi adanya perbedaan tingkat pendapatan yang dihasilkan oleh petani karet. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapatan petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pendapatan petani karet di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan . penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pendapatan petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengetahui tinjauan ekonomi islam tentang pendapatan petani karet terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani karet dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya faktor luas lahan, modal, tenaga kerja, etos kerja, dan pengalaman kerja. Selain itu menurut pandangan ekonomi Islam tentang faktor yang berperan dalam meningkatkan pendapatan petani karet di Desa Srikaton Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan untuk meningkatkan ii ekonomi ada beberapa faktor diantaranya faktor luas lahan, modal, tenaga kerja, etos kerja, dan penglaman kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:07
Last Modified: 25 Feb 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item