ANALISA JANGKAUAN IMPLEMENTASI PENERIMAAN PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN DIMASA COVID-19 DALAM PANDANGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di SMA Negeri 2 Pringsewu)

FAUZAN, DWI KUSUMA (2022) ANALISA JANGKAUAN IMPLEMENTASI PENERIMAAN PROGRAM BANTUAN SISWA MISKIN DIMASA COVID-19 DALAM PANDANGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Di SMA Negeri 2 Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAUZAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dilatarbelakangi oleh terkait rendahnya partisipasi pendidikan khususnya pada kelompok miskin karena tingginya biaya pendidikan baik langsung maupun tidak langsung. Kemudian Pemerintah mengupayakan agar siswa dari kelompok miskin dapat terus bersekolah tanpa adanya hambatan dalam pemenuhan biaya sekolah dengan mengeluarkan suatu program yaitu BSM. Kebijakan ini berpijak pada peraturan presiden (perpres) No. 15 Tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana jangkauan implementasi penerimaan program bantuan siswa miskin dimasa covid-19?; dan (2) Bagaimana jangkauan implementasi penerimaan program bantuan siswa miskin dimasa covid-19 dalam pandangan perspektif ekonomi Islam?. Sedangkan, tujuan penelitian implementasi ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi jangkauan implementasi penerimaan program bantuan siswa miskin dimasa covid-19 di SMA Negeri 2 Pringsewu; dan (2) Implementasi jangkauan implementasi penerimaan program bantuan siswa miskin dimasa covid-19 dalam pandangan perspektif ekonomi Islam di SMA Negeri 2 Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi jangkauan penerimaan progran BSM dimasa covid-19 di SMA Negeri 2 Pringsewu sudah diberikan udah sesuai dengan kondisi siswa yang memperoleh BSM hanya saja jika meninjau dari kondisi siswa yang pekerjaan orang tuanya adalah buruh sekitar 19,18% atau sebanyak 172 siswa yang perlu diperhatikan oleh sekolah sedangkan yang memperoleh BSM hanya 88 siswa atau 9,8% sudah dapat bantuan meringankan siswa miskin untuk tetap dapat melajutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terutama SMA walaupun masih 9,38% siswa dalam kategori kurang mampu belum mendapat bantuan secara keseluruhan, tetapi setidaknya 9,8% siswa yang memperoleh sudah sesuai dengan kondisi keadaan siswa; dan (2) Implementasi jangkauan penerimaan program bantuan siswa miskin dimasa covid-19 dalam pandangan perspektif ekonomi islam di SMA Negeri 2 Pringsewu dijalankan sesuai prinsip ekonomi islam meliputi: tauhid, ‘adl, nubuwwah, khlaifah dan maad. Hanya pada bagian aspek ‘adl belum di implemnetasikan secara optimal. Kata Kunci: Implmentasi, Bantuan Siswa Miskin, Persepktif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:21
Last Modified: 23 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17733

Actions (login required)

View Item View Item