IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PADA PELAYANAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH (LAZIS) MUHAMMADIYAH PROVINSI LAMPUNG

ARIF, RAHMAN HAKIM (2022) IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PADA PELAYANAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH (LAZIS) MUHAMMADIYAH PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen merupakan suatu kegiatan, pelaksanaannya adalah “managing”-Pengelolaan-, sedang pelaksananya disebut manager atau pengelola.Manajemen mempunyai tujuan tertentu dan tidak dapat diraba.Ia berusaha untuk mencapai hasil-hasil tertentu, yang biasanya diungkapkan dengan istilah-istilah hal-hal yang nyata. Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Peranannya akan lebih besar bersifat menetukan manakala kegiatan-kegiatan jasa dimasyarakat itu terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasar dan langganan.LAZISMU memiliki 6 pilar program utama aksi layanan, yaitu: Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial-Dakwah, Kemanusiaan dan Lingkungan. Masing-masing memiliki arah, target dan sasaran program, serta pendekatan-pendekatan dalam pelaksanaan programnya. Jenis penelitian ini yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan. Penelitian lapangan (field research) merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mengunjungi langsung obyek yang diteliti. Penelitian ini bertempat diLembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Muhammadiyah Provinsi Lampung, data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data yang berkenaan dengan Strategi Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pelayanan Masyarakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Muhammadiyah Provinsi Lampung. Untuk memudahkan dalam pengambilan data lapangan penulis menggunakan tehnik pengumpulan data sebagai berikut: Teknik Wawancara,Teknik observasi, Teknik Dokumentasi Pelaksanaan fungsi Manajemen pada pelayanan zakat merupakan satu kesatuan yang utuh dimana posisi dan kedudukannya saling berhubungan. Manajemen merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah lembaga atau organisasi yang akan mengarahkan atau menggerakkan lembaga atau organisasi. Sebagai Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Muhammadiyah Provinsi Lampung telah merumuskan pelaksanaan manajemen pelayanan zakat iv antara lain Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuating/Directing), Pengawasan(Controlling). Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat manajemen pelayanan lembaga amil zakat. Berdasarkan paparan data dan hasil penelitian mengenai implementasi terhadapFungsi Manajemen Pada Pelayanan Zakat penulis dapat mengambil kesimpulanya itu memiliki system pelayanan. Perencanaan zakat di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (LAZIS) Muhammadiyah Provinsi Lampung sebagai berikut : Menetapkan sasaran dan tujuan zakat. sasaran zakat berkaitan dengan orang yang berkewajiban membayar zakat (muzakki) dan orang yang berhak menerima zakat (Mustahik). Menetapkan bentuk organisasi atau kelembagaan zakat yang sesuai dengan tingkat kebutuhan yang hendak dicapai dalam pengelolaan zakat Kata kunci: fungsi manajemen dan layanan zakat v ABSTRACT Management is a process or framework, which involves guiding or directing a group of people towards organizational goals or tangible goals. Management is an activity, its implementation is "managing", while the implementer is called a manager or manager. Management has certain and intangible goals. It tries to achieve certain results, which are usually expressed in terms of things that real. Service is the key to success in various business or service activities. LAZISMU has 6 main pillars of service action programs, namely: Education, Health, Economy, Social-Da'wah, Humanity and Environment. Each has a program direction, targets and objectives, as well as approaches in implementing the program. This type of research used by the author is field research. Field research (field research) is research conducted by visiting the object under study directly. This research takes place at the Amil Zakat, Infaq and Shadaqah (LAZIS) Muhammadiyah Lampung Province, the data needed in this study is data relating to Strategies in Optimizing Community Service Performance at the Amil Zakat, Infaq and Shadaqah (LAZIS) Institute of Muhammadiyah Lampung Province. To facilitate the collection of field data, the authors use the following data collection techniques: Interview Techniques, Observation Techniques, Documentation Techniques The implementation of the management function in zakat services is a unified whole where the positions and positions are interconnected. Management is the most important part in an institution or organization that will direct or move the institution or organization. As the Amil Zakat, Infaq and Shadaqah Institution (LAZIS) Muhammadiyah Lampung Province has formulated the implementation of zakat service management, including Planning (Planning), Organizing (Organizing), Directing (Actuating/Directing), Supervision (Controlling). In addition, there are supporting and inhibiting factors for the management of the amil zakat institution's services. Based on data exposure and research results regarding the implementation of the Management Function in Zakat Services, the author can conclude that it has a service system. The planning of zakat vi at the Amil Zakat, Infaq and Shadaqah (LAZIS) Institute of Muhammadiyah Lampung Province is as follows: Setting the goals and objectives of zakat. Zakat targets relate to people who are obliged to pay zakat (muzakki) and people who are entitled to receive zakat (Mustahik). Determine the form of zakat organization or institution that is in accordance with the level of need to be achieved in zakat management. Keywords: Management Function, and Zakat Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:40
Last Modified: 23 Feb 2022 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17729

Actions (login required)

View Item View Item