PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI/SD

ANI, KHOIROTUN NISA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI/SD. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANI KHOIROTUN NISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MI/SD Permasalahan penelitian ini beranjak dari data hasil wawancara guru kelas V di sekolah yang dilakukan penelitian, bahwa bahan ajar yang digunakan adalah buku paket yang disediakan dari sekolah, dimana penjelasannya terlalu lebar, berbentuk cetak, dan tidak ada lembar langkah-langkah kegiatan praktikum pada mata pelajaran IPA, sedangkan kondisi saat ini pembelajaran dilakukan secara daring/online yang menyebabakan kegiatan pembelajaran praktikum pada mata pelajaran IPA sangat sulit dilaksanakan. Akibatnya mempengaruhi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik khususnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-Modul Berbasis Praktikum pada mata pelajaran IPA kelas V MI/SD. E- modul merupakan bahan ajar pendamping dan bersifat mandiri yang dapat digunakan untuk memudahkan peserta didik belajar dari rumah. Bahan ajar E- modul berbasis praktikum diharapkan dapat menjadi sarana dalam upaya memudahkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran praktikum IPA. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli bahasa, satu ahli materi, dua ahli media dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil yang terdiri dari 20 peserta didik kelas V SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. Sedangkan uji skala besar terdiri dari 60 peserta didik kelas V MIN 1 Bandar Lampung. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E- modul berbasis praktikum pada mata pelajaan IPA kelas V MI/SD memperoleh nilai rata-rata ahli materi 83,5% dan dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan, rata-rata dari ahli bahasa 83,95% dengan kategori sangat layak, dan rata-rata dari ahli media 85,63% dan dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan. Sedangkan rata-rata penilaian yang diberikan oleh pendidik adalah 90,58% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Dan penilaian dari peserta didik pada skala kecil adalah 89,04% dan skala besar memperoleh 93,80% dengan kategori sangat menarik/sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka bahan ajar E-modul berbasis praktikum pada mata pelajaran IPA kelas V MI/SD layak digunakan dalam proses pembelajaran baik dirumah maupun disekolah. Kata kunci: Bahan Ajar, E-Modul berbasis praktikum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:43
Last Modified: 23 Feb 2022 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17721

Actions (login required)

View Item View Item