INDRI, TRI AYUNINGSIH (2022) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Berpikir kreatif merupakan bagian dari skill 21st century yang harus dimiliki peserta didik. Sehingga apabila dalam pembelajaran di kelas, kemampuan berpikir kreatif peserta didik masih tergolong rendah, guru seharusnya melakukan tindakan untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang aktif dan inovatif seperti pendekatan problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Metode penelitian eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas XI dengan sampel penelitian yaitu 30 peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 31 peserta didik kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,46>0,28. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan p-value 0,00<0,05 atau thitung<ttabel 3,94>1,67. Artinya terdapat pengaruh metode problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran biologi. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Problem solving
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 02:47 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 02:47 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17719 |
Actions (login required)
View Item |