ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PT KAI (PERSERO) DIVRE IV TANJUNG KARANG)

Yunita, Agustian Sari (2022) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi PT KAI (PERSERO) DIVRE IV TANJUNG KARANG). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Yunita Agustian Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan kerja merupakan tingkat rasa puas individu atas pekerjaan yang telah dilakukan, loyalitas kerja merupakan ketaatan pegawai dalam menjalankan tugas pekerjaanya, menjaga rahasia perusahaan tempat ia bekerja. Terdapat perbedaan pemahaman pegawai dan perusahaan mengenai konsep dasar kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap produktivitas kerja pegawai. Konsep dasar kepuasan kerja dan loyalitas kerja adalah pegawai yang puas akan menjadi loyal Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap produktivitas kerja pegawai secara parsial?, 2) bagaimana pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap produktivitas kerja pegawai secara simultan?, 3) bagaimana pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap produktivitas kerja pegawai dalam perspektif ekonomi islam? Pendekatan kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah pegawai PT KAI Divre IV TNK. Teknik pengambilan sampel nonprobability sampling jumlah sampel 95 responden. Teknik pengumpulan data kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data software SPSS 24.0, diantaranya analisis deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji f dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai f hitung sebesar 2,774> f tabel 3,09 artinya adalah variable kepuasan kerja dan loyalitas kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja. selanjutnya secara parsial diketahui bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja dengan nilai t hitung 2,241> t tabel 1,986 dan variabel loyalitas kerja berpengaruh positif terhadap produktivitas kerja pegawai dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (1,998>1,986), dalam pandangan ekonomi islam bahwa pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas kerja terhadap produktivitas kerja pegawai sudah sesuai dengan konsep islam. Kata kunci: kepuasan kerja, loyalitas kerja, produktivitas kerja pegawai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:32
Last Modified: 22 Feb 2022 06:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17716

Actions (login required)

View Item View Item