ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada UMKM Kemplang di Teluk Betung Kota Bandar Lampung

Muhammad, Hafidh Hantoro (2022) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Pada UMKM Kemplang di Teluk Betung Kota Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi Hafidz Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perdagangan merupakan salah satu cara masyarakat untuk mencari pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka, sehingga masyarakat selalu mencari cara agar apa yang mereka jualdapat berhasil menghasilkan pendaptan yang cukup dan mampu bertahan di tengah persaingan merek dagang ataupun produk yang mereka jual, seperti yang terjadi pada UMKM Kemplang di Teluk Betung Bandar Lampung dalam menaikan pendapatnnya mereka akan menggunkan strategi dalam pemasaran produk mereka karena apabila strategi pemasarannya tidak tepat akan berimbas kurang maksimalnya laba yang diperoleh, selain itu dapat mengalami kerugian. Tetapi jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran UMKM Kemplang di Teluk Betung Bandar Lampung dalam meningkatkan pendapatan, serta mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian field research digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan pada UMKM Kemplang di Teluk Betung Bandar Lampung. Subjek pada penelitian ini adalah pemilik UMKM Kemplang di Teluk Betung Bandar Lampung sebanyak 11 UMKM, dengan teknik pengambilan sampel mengunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif terhadap data primer dan skunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yangditerapkan oleh UMKM Kemplang di Teluk Betung Bandar Lampung dalam meningkatkan pendapatan cukup memadai, dengan menerapkan system bauran pemasaran produk, price, place,promotion. Produk yang dipasarkan memiliki kualitas produk terbaik dengan menggunakan bahan berkualitas. Penetapan harga menerapkan metode (Competitor Price) yang diikuti dengan kualitas produk. Tempat usaha yang digunakan sudah strategis mudah dijangkau konsumen, pendistribusian barang sudah cukup efejktif karena mereka telah memiliki tempat usaha dan industry dalam pendistribusiannya, adapun untuk mempromosikan barang mereka yaitu menggunkan spanduk dan adanya karyawan yang ramah dalam melayani para pembeli. Dalam Ekonomi Islam di simpulkan bahwa strategi pemasaran yangditerapkan sesuai dengan prinsip Islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak merugikan kedua belah pihak, lokasi usaha yang sangat strategis mudah dijangkau konsumen, melakukan promosi dengan jujur, benar, lemah lembut dan penuh keikhlasan melayani konsumen. Kata Kunci: Strategi Pemsaran,UMKM Kemplang, , Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:16
Last Modified: 22 Feb 2022 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17714

Actions (login required)

View Item View Item