ANALISIS PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENGAWASI INVESTASI DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung )

CITRA, AYU LESTARI (2022) ANALISIS PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MENGAWASI INVESTASI DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Lampung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI Citra BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (575kB)
[thumbnail of Skripsi Citra Ayu Lestari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi berasal dari kata invest yang berarti menanam atau menginvestasikan uang atau modal yang dilakukan baik oleh orang pribadi (natural person) maupun badan hukum (juridicial person), dalam upaya meningkatkan dan/atau mempertahankan nilai modalnya, baik yang berbentuk uang tunai (cash money), peralatan (equipment), aset tak bergerak, hak atas kekayaan intelektual, maupun keahlian. Salah satunya Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu lembaga yang dibentuk dengan tujuan mengawasi lembaga keuangan dan memiliki peran yang besar dalam pencegahan dan penanggulanan penghimpunan dana ilegal yang terjadi dimasyarakat. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengawasi dan mencegah investasi dan mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melakukan pengawasan dan investasi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Fokus penelitian ini bertuju pada peran yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengawasi dan mencegah investasi di lampung, bagaimana cara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 dalam melakukan pengawasan tersebut dan bagaimana perspektif ekonomi islam tentang investasi yang dilakukan dimasyarakat. Hasil penelitian ini yaitu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berpengaruh terhadap pencegahan investasi ilegal di provinsi lampung, hal ini dikarenakan investasi illegal merugikan dan meresahkan masyarakat. Serta ada perspektif ekonomi islam tentang adanya investasi pada sektor keuangan maupun sektor ril diperbolehkan dengan berlandaskan prinsip-prinsip syariah, karena dalam Islam menganjurkan investasi yang menguntungkan bagi semua pihak dan melarang manusia untuk mencari dan mendapatkan rizki melalui spekulasi atau berbagai cara lainnya yang sifatnya merugikan orang lain. Kata Kunci: Peran, OJK, Investasi Ilegal, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:10
Last Modified: 22 Feb 2022 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17711

Actions (login required)

View Item View Item