PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

FETI, NURHALIZA AS (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FETI NURHALIZA AS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR Oleh FETI NURHALIZA AS Salah satu faktor rendah nya hasil belajar PAI adalah peserta didik masih malas dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik masih banyak yang belum memahami dengan baik pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru, ditambah lagi melihat situasi atau kondisi belajar yang dilakukan dalam sistem online atau daring menyebabkan menurunnya semangat dan motivasi belajar peserta didik dikarenakan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhinya, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih model pembelajarn ATI agar peserta didik merasa semangat, termotivasi dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen semu Quasy Experimen Design) dengan rancangan bentuk desain non equivalent control group post test. Polulasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri1 Terbanggi Besar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F berjumlah 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan uji levene statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran ATI pengajuan hipotesis memperoleh nilai Kata Kunci : Model Pembelajaran ATI, Hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:36
Last Modified: 22 Feb 2022 03:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17703

Actions (login required)

View Item View Item