ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GEDUNG AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Pengrajin Tusuk Sate Desa Gedung Agung Kec. Jati Agung Lampung Selatan)

Yuda, Pratama (2022) ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA GEDUNG AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Pengrajin Tusuk Sate Desa Gedung Agung Kec. Jati Agung Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus ok.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Print skripsi yuda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah serta tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peranan ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan desa, kegiatan ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan desa dan peranan ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan desa dalam perspektif ekonomi islam, Dalam Penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek penelitian secara verbal melalui data yang telah terkumpul melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan informan Kepala Desa dan 2225 pengrajin tusuk sate. Dengan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan adalah penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subjek yang diteliti serta interaksinya dengan lingkungan. Hasil yang diperoleh dari penelitian di Desa Gedung Agung Kec. Jati Agung Kab. Lampung Selatan menunjukan bahwa secara umum peranan ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan desa dalam perspektif ekonomi islam telah berperan dengan baik dalam peningkatan pendapatan masyarakat desa dan mengurangi pengangguran. Peranan ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan desa sangat berpengaruh dilingkungan desa dikarenakan di Desa Gedung Agung mayoritas ibu-ibu rumah tangga yang kebanyakan ikut serta dalam pembuatan tusuk sate setiap harinya diwaktu senggang mereka dirumah ditambah lagi peningkatan harga tusuk sate mengalami peningkatan banyak warga yang tertarik dalam kegiatan produksi tusuk sate, kegiatan ekonomi kreatif dalam peningkatan pendapatan desa peningkatan pendapatan masyarakat desa produksi setiap tahunnya mengalami peningkatan dan pengrajin selalu mengutamakan kualitas karena kualitas produk dapat memuaskan pelanggan dan semakin bagus kualitas tusuk sate maka akan besar harga jualnya, peranan ekonomi kreatif terhadap peningkatan pendapatan desa dalam perspektif ekonomi islam sangat berpengaruh mengembangkan pendapatan masyarakatnya dengan nilai nilai agama dengan mnerapkan prinsip khalifah dalam ekonomi islam yaitu berekonomi yang benar sesuai tuntutan syar’i, berekonomi semata mata untuk kemaslahatan dan berupaya mewujudkan keadilan, persaudaraan, kerja sama dan kesejahteraan. Kata Kunci : Ekonomi Kreatif, Perspektif Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:04
Last Modified: 21 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17700

Actions (login required)

View Item View Item