TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KETERLAMBATAN PEMBAYARAN PELUNASAN SEWA MENYEWA TENDA DENGAN ALASAN PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Abbel Tenda Wedding Organizer Sukarame)

OKSADA, WIDIAWATI AZHAR (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KETERLAMBATAN PEMBAYARAN PELUNASAN SEWA MENYEWA TENDA DENGAN ALASAN PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Abbel Tenda Wedding Organizer Sukarame). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of OKSADA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid-19 merupakan keadaan tidak terduga yang terjadi dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, ditetapkan sebagai bencana nasional non-alam sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Bencana Non-alam Penyebaran Covid-19. Adapun dampaknya yang terjadi yaitu keterlambatan pelunasan biaya sewa menyewa yang dilakukan oleh Penyewa Abbel Tenda Wedding organizer dikarenakan mereka yang terdampak perekonomiannya akibat adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik keterlambatan pembayaran pelunasan sewa menyewa tenda karena alasan pandemi Covid-19 pada Abbel Tenda Wedding organizer dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap praktik keterlambatan pembayaran pelunasan sewa menyewa tenda karena alasan pandemi Covid-19 pada Abbel Tenda Wedding organizer. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlambatan pembayaran pelunasan sewa menyewa tenda karena alasan pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap keterlambatan pembayaran pelunasan sewa menyewa tenda karena alasan pandemi Covid-19 Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan memakai metode berpikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan para pihak yang bersangkutan, sedangkan data sekunder diperoleh dari kepustakaan. Untuk sampel pada penelitian ini sejumlah 6 orang Penyewa Abbel Tenda Wedding Organizer dan 2 orang pemilik Abbel Tenda Wedding Organizer. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan ketentuan dari konsep musyaqqah dalam arti kesukaran, sebagai mana terdapat dalam kaidah fiqh yang berbunyi “Adanya kesulitan akan memunculkan adanya kemudahan (almusyaqqah Tajlibul Taisir)”, seperti halnya ketentuan dari kaitannya atas judul penelitian ini, di mana penulis menganalisa bahwa terjadinya pandemi Covid-19 tersebut termasuk dalam keadaan darurat atau keadaan memaksa yang tidak bisa terduga sebelumnya, yang mengakibatkan terhambatnya pembayaran pelunasan biaya sewa menyewa oleh penyewa akibat perekonomian yang terdampak dengan adanya pandemi Covid-19, maka hal tersebut diperbolehhkan menurut Hukum Islam, dengan ketentuan dari suatu keadaan darurat iii sebagaimana keadaan atau kondisi di masa Pandemi Covid-19, adapun bentuk keringanan dan kebijakan yang diberikan pihak pemilik Abbel Tenda Wedding organizer kepada pihak penyewa diperbolehkan menurut hukum islam, karena telah sesuai Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES) pasal 40 dan 41 mengenai keadaan memaksa atau keadaan darurat dalam perjanjian sewa menyewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:01
Last Modified: 21 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17692

Actions (login required)

View Item View Item