NALISIS STRATEGI KOMPETITIF TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEREKONOMIAN DAN PENGANGGURAN DITINJAU DARI PERSPEKTI EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Puteri Tapis Centra Tenun Dusun SailingKecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus)

REMITANNISA, AYUDIA (2022) NALISIS STRATEGI KOMPETITIF TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEREKONOMIAN DAN PENGANGGURAN DITINJAU DARI PERSPEKTI EKONOMI ISLAM (Studi Pada UMKM Puteri Tapis Centra Tenun Dusun SailingKecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI REMITANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya pada sektor manufaktur, tetapi juga terhadap sektor UMKM sejak April 2020. Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center (KIC) yang dilakukan terhadap 206 pelaku UMKM di Jabodetabek, mayoritas UMKM sebesar 82,9% merasakan dampak negatif dari pandemi ini dan hanya 5,9% yang mengalami pertumbuhan positif. Tidak hanya di Jabodetabek, di Provinsi Lampung berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2020, jumlah UMKM Provinsi Lampung mengalami peningkatan dari tahun 2016 sampai 2019. Sedangkan di tahun 2020 pada masa pandemi Covid-19, pemerintah provinsi Lampung mengungkap bahwa sejumlah UMKM mampu bertahan bahkan meningkatkan penjualan dimasa pandemi Covid-19 karena mengubah metode pemasaran melalui digitalisasi. UMKM yang berskala besar maupun kecil memerlukan strategi kompetitif yang benar dan tepat agar nantinya berguna dalam menghadapi para kompetitornya. UMKM dapat mengembangkan strategi bersaing dengan cara mencari kesesuaian antara kekuatan-kekuatan internal dan kekuatan-kekuatan eksternal. Metode penelitian yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis strategi kompetitif terhadap peningkatan pendapatan perekonomian dan pengangguran pada UMKM Puteri tapis dan tenun Lampung menggunakan strategi Diferensiasi, terbukti pada saat pandemi covid-19 UMKM Puteri tapis dan tenun Lampung mengalami peningkatan pendapatan secara signifikan hingga 50% hal ini disebabkan salah satunya yaitu faktor strategi Diferensiasi yang menyebabkan terjadinya peningkatan konsumen. Menurut perspektif ekonomi Islam analisis strategi kompetitif terhadap peningkatan pendapatan perekonomian dan pengangguran sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam meliputi, prinsip tauhid, khalifah, nubuwah dan ma’ad. Kata Kunci : Strategi Kompetitif, Pendapatan, Penganggura iii ABSTRACK The impact of the Covid-19 pandemic has not only been on the manufacturing sector, but also on the MSME sector since April 2020. Based on the results of the Katadata Insight Center (KIC) survey conducted on 206 MSME actors in Greater Jakarta, the majority of MSMEs, 82.9%, felt the negative impact of the pandemic. and only 5.9% experienced positive growth. Not only in Jabodetabek, in Lampung Province based on data from the Lampung Province Cooperatives and SMEs Service in 2020, the number of UMKM in Lampung Province has increased from 2016 to 2019. Meanwhile, in 2020 during the Covid-19 pandemic, the Lampung provincial government revealed that a number of SMEs were able to survive and even increase sales during the Covid-19 pandemic because of changing marketing methods through digitalization. MSMEs, both large and small, need the right and appropriate competitive strategy so that they will be useful in dealing with their competitors. MSMEs can develop competitive strategies by finding a match between internal and external forces. The research method used is field research with qualitative descriptive methods, data sources from primary and secondary data, data collection techniques using observation, interviews, and documentation methods. Based on the results of competitive strategy analysis research on increasing economic income and unemployment in the Lampung Puteri Tapis and Weaving SMEs using a differentiation strategy, it was proven during the covid-19 pandemic that the Lampung Women Tapis and Weaving SMEs experienced a significant increase in income up to 50% this was due to one of them, namely: Differentiation strategy factors that cause an increase in consumers. According to the perspective of Islamic economics, the analysis of competitive strategies for increasing economic income and unemployment is in accordance with Islamic economic principles including the principles of monotheism, caliphate, nubuwah and ma'ad. Keywords: Competitive Strategy, Income, Unemployment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:30
Last Modified: 21 Feb 2022 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17689

Actions (login required)

View Item View Item