EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

DELIA, APRILIYANTI (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DELIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Dunia Pendidikan saat ini mengharapkan peserta didik lebih aktif dalam menggali ilmu dan informs selama proses belajar mengajar. Kurikulum 2013 yang saat ini sedang dilaksanakan di Indonesia dan berorientasi pada keterampilan proses, menjadikan pendekatan saintifik sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam Pendidikan. Maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menjelaskan tentang pendekatan saintifik dan bagaimana penerapannya dalam pembelajran Pendidikan agama islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMK SMTI Bandar Lampung dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendekatan saintifik. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendekatan saintifik. Adapun metode yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menyatakan bahwa pendekatan saintifik telah diterapkan selama 8 tahun. Langkah�langkah dalam penerapan pendekatan saintifik dilaksanakan berdasarkan RPP yang telah disediakan dan disesuaikan dengan keadaan peserta didik, metode yang digunakan bervariasi, penilaian berupa penilaian autentik. Adapun faktor penghambat berasal dari peserta didik (belum berani untuk bertanya tentang materi saat pembelajaran, tipe belajar peserta didik yang berbeda-beda) . Adapun faktor penghambat berasal dari karakter peserta didik, media yang belum tersedia, sedangkan faktor pendukungnya meliputi para guru�guru di sekolah tersebut sudah mendapatkan berbagai pelatihan�pelatihan dan pendampingan mengenai kurikulum 2013, ketersediaan RPP dari pusat yang cukup lengkap dan memudahkan dalam proses belajar mengajar, dan penguasaan guru terhadap berbagai metode dalam mengajar dan sarana dan prasarana yang lengkap. Kata kunci : Efektivitas, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:55
Last Modified: 18 Feb 2022 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17681

Actions (login required)

View Item View Item