PENGEMBANGAN MODUL PEMBELARAN BIOLOGI BERBASIS AUTHENTIC APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

MIFTAHUL, JANAH (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELARAN BIOLOGI BERBASIS AUTHENTIC APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSII 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSII MIFTAHUL JANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan modul dilakukan bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul Biologi berbasis Authentic Application pada materi sistem gerak manusia kelas XI di SMAN 1 Labuhan Ratu, (2) keefektivan modul biologi berbasis Authentic Application pada materi sistem gerak manusia kelas XI SMAN 1 Labuhan Ratu. (3) respon peserta didik terhadap modul Biologi berbasis Authentic Application pada materi sistem gerak manusia kelas XI di SMAN 1 Labuhan Ratu. Penelitian dan pengembang ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode pengembangan R&D (Reserch and Development). Pengembangan modul menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Presentase kelayakan modul pada tahap pengembangan pada tahap akhir validasi ahli materi memperoleh presentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Pada tahap validasi ahli media memperoleh sedangkan pada tahap akhir validasi ahli bahasa memperoleh presentase 91,6% dengan kategori sangat layak. Pada uji Coba produk terhadap tanggapan peserta didik pada skala terbatas presentase yang di peroleh 84,1% dengan kategori sangat baik dan uji coba skala luas presentase yang di peroleh 87,1% dengan kategori sangat baik. Kemudian pada respon pendidik pertama presentase yang di peroleh 86,9% dengan kategori sangat layak. Pada uji efektifitas relatif mendapatkan nilai sebesar 38%, artinya pengembangan modul masuk dalam kategori keefektifan sedang. Pada uji efektifitas relatif mendapatkan nilai sebesar 71,4%, artinya pengembangan modul masuk dalam kategori keefektifan tinggi. Kata kunci: Modul, Authentic Application, ADDIE

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:20
Last Modified: 18 Feb 2022 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17678

Actions (login required)

View Item View Item