PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN TRANSAKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Pengguna Social Media Instagram Di Kota Bandar Lampung)

NUR, ROHMAN ARIFIN (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN TRANSAKSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Pengguna Social Media Instagram Di Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab I & V Nur Rohman Arifin.pdf] PDF
Download (466kB)
[thumbnail of SKRIPSI_Nur Rohman Arifin_1751010105.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Instagram sudah menjadi media sosial yang hampir dimiliki banyak orang, pada akhir 2020 pengguna Instagram di Indonesia telah mencapai 63 juta pengguna. Instagram tidak hanya menjadi media sosial tetapi sudah menjadi sebuah fenomena dimana para pengguna sudah mulai menggunakan Instagram sebagai sarana untuk berbisnis dengan cara memaksimalkan fitur yang ada. Barang yang mereka tawarkan atau jual menggunakan konten yang menarik mampu memengaruhi calon konsumen yang mengakses Instagram. Sebagai konsumen juga dapat memperhatikan spesifikasi detail dari barang yang diposting tersebut. Permasalahan di penelitian ini tentang apakah Social Media Marketing berpengaruh terhadap keputusan transaksi yang dilakukan pengguna media sosial Instagram di kota Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Social Media Marketing terhadap keputusan transaksi serta bagaimana pandangan Ekonomi Syariah tentang keputusan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing di Instagram terhadap keputusan transaksi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini 100 responden yaitu pengguna Instagram di kota Bandar Lampung dengan menggunakan teknik random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan aplikasi pengolahan data SPSS 20. Kesimpulan pada penlitian ini yang berdasarkan hasil analisis diperoleh Social Media Marketing variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Berdasarkan kepada analisis yang diperoleh dari indikator Content Creation, Content Sharing, Connecting, dan Community Building dinyatakan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini sesuai dengan perkembangan social media marketing yang menjadi bagian dari ekonomi digital, karena internet dapat menghubungkan siapapun dari segala penjuru bumi. Dari setiap indikator social media marketing memiliki peran penting iv yakni Content Creation yang berfokus pada konten yang menarik, Content Sharing yang berfokus pada jangkauan dalam penyebaran sebuah konten untuk bisnis, selanjutnya Connecting proses menjalin hubungan antara pemilik atau pembuat dan penerima atau penikmat konten yang memiliki minat sama, serta Community Building berfokus pada membangun komunitas media sosial dengan minat yang sama. Berdasarkan pandangan Islam, umat muslim dianjurkan ketika melakukan keputusan pembelian agar dapat mengasumsikan fungsi atau daya guna dari sesuatu yang akan dibelinya bukan karena menuruti keinginan serta hawa nafsu. Kata kunci : Social Media Marketing, Keputusan pembelian, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:45
Last Modified: 17 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17659

Actions (login required)

View Item View Item