Analisis Sistem Upah Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Tenaga Kerja Dalam Perspektif EkonomiIslam (Studi Pada Pengolahan Minyak Sereh Desa Purwodadi Mekar Kabupaten Lampung Timur)

Eka, Khikmatul Amanah (2022) Analisis Sistem Upah Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Tenaga Kerja Dalam Perspektif EkonomiIslam (Studi Pada Pengolahan Minyak Sereh Desa Purwodadi Mekar Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PRTPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Eka Khikmatul Amanah_1651010278.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bekerja merupakan salah satu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari hal itu dikarenakan kita sebagai makhluk hidup perlu untuk bertahan hidup yang kemudian dari suatu pekerjaan tersebut dapat menimbulkan kesejahteraan bagi masyarakat atau keluarga Islam berpandangan bahwa, suatu upah harus diatur secara jujur serta adil supaya seluruh hal yang terkait didalamnya tidak mendapatkan tindakan dzolim, sehingga pengusaha haruslah membayar para pekerjanya dengan bagian yang seharusnya sesuai dengan porsi kerjanya, akan tetapi berdasarkan praktiknya terkadang terjadi ketidakadilan dalam pemberian upah tenaga kerja, yang terkadang tidak sesuai dengan hasil atau keuntungan yang didapat dari barang-barang produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah guna memahami atau mengetahui sistem upah dan implikasinya terhadap kesejahteraan tenaga kerja dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Purwodadi Mekar. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan secara sistematis guna mengungkapkan data-data yang akan diperlukan dalam penelitian yang bersumber dari lokasi penelitian, dalam hal ini di Purwodadi Mekar. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dalam hal ini dilakukan wawancara langsung dari seluruh karyawan dan pemilik Industri Minyak Sereh, dan data sekunder yang menggunakan buku, jurnal dan lainnya, serta data tersier dengan berpedoman pada katalog dan lainnya. Pola berpikir dalam penelitian ini menggunakan pola berpikir deduktif dengan pendekatan menggunakan kualitatif yang didapatkan berdasarkan pada ketersediaan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah, sistem upah yang terjadi di pabrik minyak Sereh Desa Purwodadi Mekar dapat dikatakan sudah baik, yang mana mekanismenya didasarkan berdasarkan hasil produksi yang secara universal sudah sesuai dengan prinsip upah yang juga didasarkan pada perspektif ekonomi Islam yang sesuai dengan UMK Kabupaten Lampung Timur, di sisi lain mengenai indikasi kesejahteraannya juga cukup memadai yang mana di dalamnya terdapat THR, uang makan dan juga bonus pengaritan, yang mana perspektif ekonomi Islam memiliki kesesuaian guna merealisasikan tujuan manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat (falah), serta kehidupan yang baik dan terhormat (al-Hayah a�Tayibah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:39
Last Modified: 17 Feb 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item