PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH (Studi tentang Kedisiplinan Guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara)

Yanti, Dewi (2017) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH (Studi tentang Kedisiplinan Guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of HAL._DEPAN_TESIS.pdf]
Preview
PDF
Download (57kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_(PERBAIKAN_2).pdf]
Preview
PDF
Download (83kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
PDF
Download (159kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
PDF
Download (39kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
PDF
Download (22kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
PDF
Download (22kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator, supervisor, dan motivator dapat meningkatkan kedisplinan guru. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian awal ditemukan bahwa walaupun kepemimpinan kepala MTs Negeri 1 Lampung Utara cukup baik, akan tetapi masih ada guru yang tingkat kedisiplinan kerjanya masih rendah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka peneliti ingin mengadakan penelitian lebih mendalam untuk mengetahui “Kepemimpinan Kepala Madrasah (Studi tentang Kedisiplinan Guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara).” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai administrator dalam meningkatkan kedisiplinan guru? 2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kedisiplinan guru?, dan 3) Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan guru, sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya kepala madrasah dan wakilnya, guru, dan siswa yang dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan induktif, dengan langkah-langkah: mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah kedisiplinan guru di MTs Negeri 1 Lampung Utara cukup baik yang dibuktikan dari 1) sebagian besar guru patuh terhadap aturan madrasah, 2) sebagian besar guru rajin dalam mengajar, 3) sebagian besar guru tepat waktu dalam mengajar, 4) sebagian besar guru tidak pernah keluar kelas sebelum jam pelajaran berakhir. Kedisiplinan guru tersebut dikarenakan kepala MTs Negeri 1 Lampung Utara mampu melaksanakan perannya sebagai administrator, supervisor dan motivator yang baik, dengan temuan (1) sebagai administrator dalam (a) menjadikan dirinya sebagai teladan yang baik, (b) bersikap terbuka, dan (c) menciptakan iklim kerja yang kondusif. (2) sebagai supervisor (a) memberikan bimbingan kepada guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran, (b) melakukan pengawasan terhadap kinerja guru, (c) meningkatkan kerja sama dengan orangtua siswa, (d) melakukan evaluasi terhadap hasil kerja guru, dan (e) menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja guru dengan secara kontinu. (3) sebagai motivator (a) memberikan otonomi pada guru untuk mengembangkan tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi pembelajarannya, (b) memberikan bimbingan dan bantuan dalam pengembangan kompetensi guru, (c) melibatkan guru dalam setiap kegiatan madrasah, (d) menerima dan memberikan dukungan bagi guru yang memiliki ide kreatif, dan (e) memberikan penghargaan dan sanksi yang tegas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:40
Last Modified: 30 Oct 2017 08:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item