PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI STRATEGI MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE

MAYA, PUSPITASARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI STRATEGI MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Maya Puspitasari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI STRATEGI MASTERY LEARNING WITH QUIZ TEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE Oleh Maya Puspitasari ABSTRAK Berlandaskan hasil pra penelitian di SMA N 1 Jati Agung Lampung Selatan diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik termasuk dalam kriteria rendah. Hal tersebut diketahui karena banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal, yaitu beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang menuntut peserta didik harus berpikir kritis. Selain kemampuan berpikir kritis matematis self-confidence peserta didik juga masih rendah. Hal ini terlihat dari beberapa peserta didik yang ditunjuk oleh guru untuk menjawab soal-soal yang diberikan, peserta didik lebih dulu menolaknya sebelum mencoba mengerjakannya. Untuk menyikapi permasalahan tersebut penulis memberi solusi dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction melalui strategi Mastery Learning With Quis Team dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence peserta didik. Jenis penelitian adalah quasy experimental design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA N 1 Jati Agung Lampung Selatan tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas, dimana kelas XI MIPA 2 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa soal tes berpikir kritis matematis, angket self�confidence, dan dokumentasi. Adapun uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Aanlysis Of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji MANOVA menunjukkan sig. 0,000 < α 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Melalui Strategi Mastery Learning With Quiz Team Terhadap Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Peserta Didik. Kata Kunci: Model pembelajaran Explicit Instruction, strategi Mastery Learning With Quis Team, berpikir kritis matematis, dan self-confidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:09
Last Modified: 15 Feb 2022 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17618

Actions (login required)

View Item View Item