PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX 2017-2019)

TIARA, CLARISA ARDIAN (2022) PENGARUH LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX 2017-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Informasi laba akuntansi dianggap relevan apabila menimbulkan reaksi pasar oleh para investor. Reaksi pasar ditunjukkan dengan adanya perubahan return saham. Semakin tinggi nilai laba akuntansi, maka akan menimbulkan reaksi positif yaitu return saham meningkat karena perusahaan dianggap mempunyai kinerja yang baik dan mampu memberikan return yang baik pula kepada investor. Sedangkan arus kas operasi adalah perubahan arus kas dari kegiatan operasi akan memberikan sinyal positif kepada investor, akibatnya investor akan membeli saham perusahaan tersebut yang pada akhirnya meningkatkan return saham. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh laba akuntansi dan arus kas operasi terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di JII periode 2017-2019, baik secara simultan amupun parsial. Penelitian ini adalah jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2017-2019. Hasil dari penelitian ini adalah, laba akuntansi berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini berarti, Perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan laba, cenderung harga sahamnya juga akan meningkat. Arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hal ini berarti jumlah arus kas yang berasal dari aktivitas operasi menentukan apakah dari kegiatan operasinya perusahaan dapat menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar. Laba akuntansi dan arus kas operasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sama halnya dengan arus kas perusahaan,semakin tinggi nilai arus kas suatu perusahaan baik arus kas operasional,arus kas pendanaan,dan arus kas investasi maka kepercayaan investor akan lebih tinggi dibanding dengan perusahaan yang memiliki nilai arus kas yang rendah. Dalam ekonomi Islam, investasi merupakan kegiatan muamalah yang sangat dianjurkan, karena dengan berinvestasi harta yang dimiliki menjadi produktif dan juga mendatangkan manfaat bagi orang lain. Kata Kunci : Laba Akuntansi, Arus Kas Operasi, Return Saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:16
Last Modified: 15 Feb 2022 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17611

Actions (login required)

View Item View Item