PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI BANDAR LAMPUNG (Studi Pada BMT FAJAR Kantor Cabang Bandar Lampung Tahun 2019)

ARINA, NILA KUSUMA (2022) PERANAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA DAN PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI BANDAR LAMPUNG (Studi Pada BMT FAJAR Kantor Cabang Bandar Lampung Tahun 2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ARIMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi memiliki peranan yang penting untuk menjaga kestabilan kehidupan berbangsa dan bernegara. UMKM termasuk sektor produksi yang saat ini banyak didominasi oleh kegiatan wirausaha dalam kelompok usaha mikro. Lebih dari 98% usaha yang ada di Indonesia terdiri atas usaha mikro. Namun sebagian besar UMKM mengalami kendala permodalan dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan. BMT Fajar merupakan suatu lembaga keuangan mikro yang menjalankan kegiatannya dengan prinsip bagi hasil, menjadi solusi dari masalah UMKM tersebut. Dengan memberikan bantuan modal kepada para anggota, peranan BMT sangat diperlukan agar dapat membantu dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan UMKM. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni: Seberapa Besar Pengaruh Konsep Baitul Maal Wat Tamwil dalam Pengembangan Usaha UMKM di Bandar Lampung? Seberapa Besar Pengaruh Dinamika Penyaluran Pembiayaan BMT Fajar kepada UMKM Di Bandar Lampung Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Konsep Baitul Maal Wat Tamwil dalam Pengembangan Usaha UMKM di Bandar Lampung, dan Untuk mengetahui Dinamika Penyaluran Pembiayaan BMT Fajar kepada UMKM Di Bandar Lampung Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer, sampel penelitian sebanyak 78 merupakan anggota BMT Fajar, melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik,dan uji hpotesis. Hal ini dibuktikan dengan hasil bahwa BMT berperan terhadap pengembangan usaha dengan nilai yang diperoleh sebesar 11,3% sedangkan sisanya 88,7% lainnya dipengaruhi dari variabel lain. dan BMT berperan terhadap peningkatan pendapatan dengan nilai yang diperoleh sebesar 17,1% sedangkan sisanya 82,9% lainnya dipengaruhi dari variabel lain. Kata kunci : Baitul Maal Wat Tamwil, Peningkatan pendapatan, Pengembangan Usaha, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:01
Last Modified: 15 Feb 2022 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17602

Actions (login required)

View Item View Item