PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KETAATAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Bandar Lampung Tahun 2021)

DHIA, Fauzi Pramudita Putra (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KETAATAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama SAMSAT Bandar Lampung Tahun 2021). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dhia Fauzi Pramudita Putra (1751030026).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2009, yaitu mengenai pajak daerah serta retribusi daerah, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan penguasaan kendaraan bermotor. Rumusan pada penelitian ini, yaitu apakah Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan bagaimana tinjauan perspektif Islam tentang ketaatan membayar pajak?. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui apakah Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, dan untuk menjelaskan bagaimana tinjauan perspektif Islam tentang ketaatan membayar pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, jenis penelitian ini adalah Field Research dengan teknik kuisioner yang ditentukan secara Accidental Sampling kepada wajib pajak di SAMSAT Bandar Lampung sebanyak 44 responden. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pengetahuan Pajak dan Sanksi Perpajakan berpengaruh secara parsial, namun Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Lalu untuk Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan berpengaruh secara simultan terhadap Ketataan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Menurut perspektif Islam pajak diperbolehkan dengan dasar kemaslahatan, seluruh masyarakat diperintahkan untuk mematuhi peraturan perpajakan yang dibuat oleh pemerintah/ulil amri dan meningkatkan ketaatan membayar PKB berdasarkan prinsip saling tolong menolong dalam kebajikan dan ketaatan demi menghilangkan kemudharatan, sehingga tercapainya kemaslahatan bersama. Kata Kunci : Ketaatan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Pajak Dalam Prespektif Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:53
Last Modified: 15 Feb 2022 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17598

Actions (login required)

View Item View Item