SISTIM PENGAWASAN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FALAH KRUI KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT

AYU, LESTARI (2022) SISTIM PENGAWASAN DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SANTRI PONDOK PESANTREN AL-FALAH KRUI KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di pondok Pesantren Al-Falah Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini dilatar belakangi pleh persoalan sistim pengawasan yang belum berjalan secara optimal, sistim pengawasan harus dapat mengakomodasi situasi yang unik yang berubah-ubah. Pengawasan merupakan suatu usaha sistematik untuk menetapkan standar pelaksanaan tujuan dengan tujuan-tujuan perencanaan, merancang sistim informasi umpan balik membandingkan kegiatan nyata dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya, disiplin adalah kemampuan mengendalikan prilaku yang berasal dari diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Pengawasan Pondok Pesantren Al-Falah Krui dilakukan sepenuhnya oleh badan pengawas pengurus dan keamanan pondok pesantren tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistim pengawasan dalam membina kedisiplinan santri ?. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode interview, metode observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dan sifat penelitian ini deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 397 orang dengan jumlah santri 385 prang dan jumlah pengurus 12 orang. Penulis mengambil sample dengan menggunakan purposive sampling, yaitu mengambil subjek berdasarkan ciri-ciri yang telah dilakukan. Maka sample dari penelitian ini berjumlah 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistim pengawasan Di Pondok Pesantren Al�Falah Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat yang pertama dilakukan pada ketua kamar, apabila masalah pada penangung jawab kamar tidak dapat diselesaikan maka ditindak lanjuti kebidang kesantrian keamanan, selanjutnya dari bidang keamanan belum juga bisa diselesaikan maka ke lurah pondok pesantren, apabila masalah tersebut sudah tidak bisa diselesaikan juga dan sudah sulit untuk diatasi maka ditindak lanjuti melapor ke pimpinan pondok pesantren. Selain melakukan sistim pengawasan pengurus Pondok Pesantren juga menerapkan kedisiplinan yaitu harus menerapkan untuk diri sendiri terlebih dahulu, setelah itu , baru kita menerapkan untuk orang lai, dan juga memebrikan sebuah reward terhadap santri iii yang baik apabila santri yang kurang mematuhi peraturan akan diberi hukuman. Faktor pendukung : a) tinggal bersama pengurus di lingkungan pondok. b) para santri menyadari bahwa pengawasan diperlukan. c) kesadaran santri tentang adanya tanggung jawab. faktor penghambat: a) kurangnya jumlah pengurus pondok. b) kurangnya ketelitian dalam pengawasan. c) kurangnya rasa tanggung jawab dari sebagian pengurus. Kata Kunci: Disiplin, Santri iv ABSTRACT This research was conducted at the Al-Falah Krui Islamic Boarding School, Pesisir Tengah District, Pesisir Barat Regency. This research is motivated by the problem of the supervision system that has not run optimally, the monitoring system must be able to accommodate the unique situation that changes. Supervision is a systematic effort to set standards for implementing goals with planning goals, designing feedback information systems comparing real activities with predetermined standards, discipline is the ability to control behavior that comes from a person in accordance with things that have been regulated from outside or existing norms. The supervision of the Al-Falah Krui Islamic Boarding School is carried out entirely by the supervisory body for the management and security of the Islamic boarding school. The formulation of the problem in this research is how is the supervisory system in fostering student discipline?. The method used in this research is the interview method, the method of observation and documentation. This type of research is qualitative research and the nature of this research is descriptive. The population in this study amounted to 397 people with 385 students and 12 administrators. The author takes a sample using purposive sampling, which is taking the subject based on the characteristics that have been carried out. So the sample of this study amounted to 5 people. The results of this study indicate that the supervision system at the Al-Falah Krui Islamic Boarding School, Pesisir Tengah District, Pesisir Barat Regency was first carried out on the head of the room, if the problem with the person in charge of the room could not be resolved then it was followed up in the field of security santri, then from the security sector it could not be solved. If the problem is resolved, then go to the head of the boarding school, if the problem cannot be resolved as well and it is difficult to overcome then follow up reporting to the leadership of the boarding school. In addition to carrying out the supervisory system, the Boarding School administrators also apply discipline, namely having to apply for ourselves first, after that, then we apply it to others, and also give a reward to good students if students who do not comply with the rules v will be punished. Supporting factors: a) living with the caretaker in the cottage environment. b) the students realize that supervision is needed. c) students' awareness of their responsibilities. inhibiting factors: a) lack of number of boarders. b) lack of accuracy in supervision. c) lack of a sense of responsibility on the part of the management. Keywords: Discipline, Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:28
Last Modified: 15 Feb 2022 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item