ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT MUSIK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan)

Ceasar, Ibnul Jauzi Abdul (2017) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT MUSIK PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PDF_ibnul.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai implementasi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian alat musik perspektif ekonomi Islam di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Di Kecamatan Natar banyak sekali masyarakat yang mengkonsumsi alat musik ditandai dengan banyaknya konsumen alat musik, adanya toko alat musik dan adanya studio musik, sedangkan Islam dengan tegas melalui Hadits shahih melarang kepemilikan alat musik. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka menyusun skripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimana perilaku konsumen dalam keputusan pembelian alat musik di Kecamatan Natar? dan bagaimana perilaku konsumen alat musik perspektif ekonomi Islam di Kecamatan Natar?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data atau responden yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: 1) Responden pernah membeli alat musik; 2) Responden pernah mengkonsumsi alat musik; 3) Responden berusia 19 tahun ke atas, karena usia tersebut dinilai sudah cukup mampu memberikan pernyataan yang tidak berubah-ubah serta teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis perilaku konsumen dalam keputusan pembelian alat musik perspektif ekonomi Islam di Kecamatan Natar yang didapatkan dari responden alat musik bahwa perilaku konsumen dalam keputusan pembelian alat musik perspektif ekonomi Islam di Kecamatan Natar dipengaruhi oleh, Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen alat musik adalah: faktor kebudayaan, faktor teman, faktor pekerjaan dan faktor hobi sedangkan yang tidak mempengaruhi adalah faktor orang tua, faktor status sosial, faktor usia faktor pendidikan, faktor sifat atau kepribadian serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian alat musik di Kecamatan Natar adalah: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku pasca pembelian. Selain itu juga perilaku konsumen alat musik di Kecamatan Natar tidak terpengaruhi oleh perilaku konsumen dalam Islam seperti tauhid, adil, kehendak bebas, amanah, halal dan sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Oct 2017 06:38
Last Modified: 30 Oct 2017 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item View Item