PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah BPKAD Kota Bandar Lampung)

DEWI, SAFITRI (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris Pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah BPKAD Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DEWI SAFITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kota Bandar Lampung sudah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pengelolaan Keuangan (BPK) tetapi masih terdapat keterlambatan dalam pelaporan keuangan secara resmi pada tahun 2019. Hal tersebut bisa terjadi karena masih lemahnya sumber daya manusia yang kurang bertanggungjawab dalam mengelola laporan keuangan. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu; Apakah implementasi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (SAKD) dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Studi Empiris pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Bandar Lampung (BPKAD) dan Bagaimana Pandangan Perspektif Ekonomi Islam terhadap Kualitas LKPD studi Empiris pada BPKAD Kota Bandar Lampung? Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu jenis metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer yang bersumber dari pegawai bidang akuntansi dengan jumlah sampel 24 orang pada BPKAD Kota Bandar Lampung, sedangkan data sekunder berupa teori-teori serta literatur yang diperoleh dari kepustakaan, laporan penelitian terdahulu yang relevan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan didukung program SPSS versi 20. Berdasarkan dari analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi SAKD dan Kualitas SDM berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah studi empiris pada BPKAD Kota Bandar lampung; Pandangan Ekonomi Islam terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah yaitu dilihat dari pertanggungjawaban berdasarkan prinsip kebenaran, kejujuran, dan keadilan. BPKAD Kota Bandar Lampung sudah menerapkan prinsip tersebut dalam pelaporan keuangan daerah sesuai dengan ajaran islam, hal ini bertujuan untuk kemaslahatan bagi pihak instansi maupun pihak eksternal masyarakat pengguna laporan keuangan supaya terhindar dari kemudharatan. Kata kunci : Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Sumber Daya Manusia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:00
Last Modified: 14 Feb 2022 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17570

Actions (login required)

View Item View Item