PENGARUH EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2016-2020)

EGRHI, NOVIA IRAWAN (2022) PENGARUH EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT, STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2016-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Egrhi novia irawan_1751030031 pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan perusahaan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap perusahaan. Dalam manajemen perusahaan diperlukan tatakelola perusahaan yang baik, karena dengan itu perusahaan dapat dalam keadaan sehat atau baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi financial distress, dalam penelitian kali ini akan meneliti pengaruh efektivitas komite audit, struktur kepemilikan terdahadap financial distress. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah efektivitas komite audit, berpengaruh terhadap financial distress, apakah struktur kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap financial distress, kepemilikan institusional berpengaruh terhadap financial distress, bagaimana pengaruh efektivitas komite audit, struktur kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional berpengaruh terhadap financial distress, dan bagaimana pandangan efektivitas komite audit dalam perspektif islam. Dalam penelitian ini metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2020. Berdasarkan dalam pemilihan sampel maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 sampel data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa variabel Efektivitas komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress, Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap financial distress, Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap financial distress, Efektivitas komite audit, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap financial distress, Efektivitas komite audit dikatakan efektif jika sudah bekerja sesuai denga aturan hukum, teliti dan bekerja keras serta bisa menghargai waktu. Kata kunci : financial distress, Efektivitas komite audit, Struktur kepemilikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:58
Last Modified: 14 Feb 2022 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17568

Actions (login required)

View Item View Item