PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI

Siti, Alawiyah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  SITI ALAWIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi pada masalah yang ditemukan di MIN 3 Bandar Lampung dan SD Negeri 5 Jatimulyo Lampung Selatan yaitu media pembelajaran yang belum bervariatif dan sumber belajar, keterbatasan alat dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang ada kemudian dikembangkan dengan media pembelajaran pop-up book. Tujuan dari penelitian ini yaitu yang pertama menghasilkan media pembelajaran berupa buku pop-up book pada pembelajaran membaca cerita Bahasa Indonesia kelas 1 di SD/MI, kedua mengetahui keefektifan media dengan mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book, ketiga mengetahui respon kelayakan validasi terhadap media pembelajaran pop-up book. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RND) dengan menggunakan langkah-langkah metode penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan yaitu potensi masalah, mengumpulkan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Tahap validasi produk divalidasi oleh 4 dosen serta 2 pendidik yaitu ahli media dan ahli materi. Produk diuji coba kelompok kecil dan kelompok besar pada peserta didik di kelas 1 SD/MI dengan memberikan angket. Hasil validasi pada media pembelajaran pop-up book oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 88,5% dengan kategori “sangat layak”, ahli materi memperoleh rata-rata persentase 93,5% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian pada respon pendidik memperoleh rata-rata persentase 88,5% dengan kategori “sangat layak”, dan respon dari peserta didik pada saat uji coba kelompok kecil yang dilakukan di SDN 5 Jatimulyo Lampung Selatan memperoleh rata-rata persentase 99,3% dengan kategori “sangat menarik”, uji coba kelompok besar dilakukan di sekolah MIN 3 Bandar Lampung memperoleh rata-rata persentase 98,5% dengan kategori “sangat menarik”. Disimpukan bahwa media pembelajaran pop-up book dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1 SD/MI yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop-up Book, Kemampuan Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:53
Last Modified: 14 Feb 2022 04:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item View Item