ANALISIS EFEKTIVITAS BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG DIMASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Penerima Bantuan di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung)

IMELDA, ZEIN (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS BANTUAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO (BPUM) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG DIMASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020 MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Mikro Penerima Bantuan di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IMELDA ZEIN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dalam meningkatkan pendapatan pedagang di Bandar Lampung dimasa pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Dimana pandemi Covid-19 memberikan dampak pada setiap bidang salah satunya UMKM di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu Usaha Mikro yang menerima Bantuan Bagi Usaha Mikro (BPUM) di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung tahun 2020 per tanggal 14 Agustus 2020 - 19 Oktober 2020 yaitu sebesar 140 Usaha Mikro. Sampel pada penelitian ini adalah 10% dari 140 usaha mikro yaitu 14 usaha mikro penerima BPUM di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bantuan BPUM dalam meningkatkan pendapatan pedagang dimasa pandemi covid-19 pada tahun 2020 di Kelurahan Kota Karang Kecamatan Teluk Betung Timur sudah terlaksana secara efektif pada indikator integrasi dan adaptasi. Namun pada indikator pencapaian tujuan dalam pelaksanaan program BPUM kurang efektif, dikarenakan terdapat tiga orang penerima bantuan yang tidak memiliki usaha mikro. Dilihat dari nilai-nilai dasar dalam Ekonomi Islam program BPUM dalam meningkatkan pendapatan hanya memenuhi nilai takaful (jaminan masyarakat) belum memenuhi nilai adl karena masih kurang tepat sasaran bagi penerima bantuan sehingga menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat dan juga belum memenuhi nilai pertanggungjawaban karena kurangnya tanggungjawab pemerintah saat pelaksanaan program BPUM ini. Kata Kunci: BPUM, Pendapatan, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:18
Last Modified: 14 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item