PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MODIFICATION OF SNAKE AND LADDERS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN

IMROATUS, SHOLIKHAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MODIFICATION OF SNAKE AND LADDERS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI IMROATUS SHOLIKHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MODIFICATION OF SNAKE AND LADDERS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT) PADA MATERI SKALA DAN PERBANDINGAN Oleh Imroatus Sholikhah Penelitian dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran game modification of snake and ladders menggunakan model pembelajaran teams games tournament ( TGT) pada materi skala dan perbandingan dan mengetahui respon peserta didik terhadap modifikasi permainan ular tangga sebagai media pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (research and development) dengan model penelitian ADDIE (analysis, desaign, development, implement, evaluate), yang subjeknya peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung dan MTsS Al Utrujiyyah. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli media mendapatkan kriteria “valid” dengan rata-rata keseluruhan 3,62 dan validasi ahli materi didapatkan rata-rata keseluruhan 3,56 yang berkriteria “valid”. Hasil penilaian SMP Negeri 15 Bandar Lampung yang terdiri dari 10 peserta didik uji coba skala kecil dan uji coba skala besar 28 peserta didik mendapatkan rata-rata keseluruhan hasil dari nilai keefektifan peserta didik 0,59 berkategori “efektifitas sedang” sementara, untuk hasil penilaian angket respon peserta didik didapatkan rata-rata keseluruhan 3,36 berkriteria “sangat menarik”. Sedangkan, MTsS Al Utrujiyyah dengan 20 uji coba skala besar didapatkan rata-rata keseluruhan hasil dari nilai keefektifan peserta didik 0,60 berkategori “efektifitas sedang” sementara, hasil penilaian angket respon peserta didik memperoleh rata-rata keseluruhan 3,33 dengan kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat iii disimpulkan, bahwa pengembangan media pembelajaran game modification of snake and ladders menggunakan model pembelajaran teams games tournament ( TGT) pada materi skala dan perbandingan layak dan afektif untuk digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Game Modification Of Snake And Ladders, game modification of snake and ladders

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:10
Last Modified: 11 Feb 2022 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17534

Actions (login required)

View Item View Item