IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR GADING

FAZRILYA, GITA ARIANI (2022) IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH MATHLA’UL ANWAR SINAR GADING. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL FAZRIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi metode tartil merupakan penerapan metode yang dilakukan secara perlahan dan jelas sesuai dengan ilmu tajwid dan makharijul hurufnya. Metode ini merupakan salah satu metode yang sering diterapkan dalam membaca Al-qur’an dan bertujuan agar pendengar dan pembaca dapat memahami kandungan dari ayat yang dibaca. Dan metode ini membuat peserta didik lebih mudah untuk membaca Al-Qur’an. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidayah Mathla’ul Anwar Sinar Gading. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode tartil dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Madrasah Ibtidayah Mathla’ul Anwar Sinar Gading. Penelitian ini mnggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan melihat gejala/kondisi yang ada di lapangan. Untuk mmudahkan penelitian ini, penulis menggunakan sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisa kualitatif yaitu menggunakan tiga tahapan seperti reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Serta pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Temuan�temuan dalam penelitian ini, Implementasi metode tartil ada pada ekstrakulikuler Tahfidz sudah baik namun belum maksimal. Walaupun guru sudah melaksanakan perencanaan yang baik agar pelaksanaannya dan paloporannya juga baik. Akan tetapi, metode ini masih memiliki kekurangan karena penerapannya membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan cara mempelajarinya dengan pelan dan perlahan Walaupun metode tartil sudah lama diterapkan namun masih banyak murid yang menguasai metode ini. Kata Kunci : Implementasi Metode Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alqur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:45
Last Modified: 11 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item