PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA TOKO KITTY HIJAB BANDAR LAMPUNG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Suci, Justika (2022) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA TOKO KITTY HIJAB BANDAR LAMPUNG MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I & II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SUCI JUSTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Toko Kitty Hijab Bandar Lampung Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Suci Justika Berdasarkan hasil data dari Hootsuite yaitu perusahaan analisis media sosial dari kanada, mencatat penggunaan media sosial di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 160 juta jiwa atau 59% dari total penduduk di Indonesia telah mencapai 272 juta jiwa. Platform media sosial yang paling banyak digunakan pertama adalah Youtube sebanyak 88% sedangkan Instagram diurutan keempat dengan total 79%. Dari data tersebut penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan onlineshop, karena mayoritas penduduk di Indonesia terutama kaum milenial memanfaatkan Instagram sebagai media penjualan. Dengan semakin meningkatnya angka penggunaan media sosial Instagram maka semakin banyak pesaing toko onlineshop di Instagram. Untuk itu pelaku bisnis seorang islam perlu menerapkan etika bisnis islam, etika bisnis islam merupakan sejumlah perilaku etis bisnis (akhlak al Islamiyah) yang dibungkus dengan nilai-nilai syariah yang mengedepankan yang halal dan menjauhkan yang haram, dengan tujuan mendapatkan Ridha-Nya Allah. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi penjualan Kitty Hijab di Instagram menurut Etika Bisnis Islam dan bagaimana penerapan Etika Bisnis Kitty Hijab melalui sudut pandang Prinsip�Prinsip Etika Bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penjualan Kitty Hijab di Instagram menurut Etika Bisnis Islam dan mengetahui penerapan etika bisnis Kitty Hijab melalui sudut pandang Prinsip-Prinsip Etika Bisnis Islam. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian yang jenis dan sifatnya deskriptif, riset kepustakaan dan kualitatif, yang didalamnya terdapat upaya-upaya dalam mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, dan menginterprestasikan mengenai Penelitian tentang “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Toko Kitty Hijab Bandar Lampung melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram”, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Meningkatnya angka grafik penggunaan internet dan bersosial media untuk berbisnis ternyata tidak membuat iii Kitty Hijab merasa berkecil hati karena banyaknya pesaing. Justru membuat Kitty Hijab semakin bersemangat untuk lebih berinovasi. Secara garis besar Kitty Hijab sudah menerapkan Etika Bisnis Islam melalui fungsi-fungsi bisnis Islam, strategi pemasaran bisnis Islam. Mengedepankan kejujuran, ketepatan, meningkatkan loyalitas serta kepuasan konsumen. Kata Kunci : Etika Bisnis Islam dan Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:33
Last Modified: 03 Feb 2022 04:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17515

Actions (login required)

View Item View Item