ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA SYARIAH DAN KONVENSIONAL DALAM MEMBENTUK PORTOFOLIO OPTIMAL (Studi pada Perusahaan yang tergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI)

RIKA, JUWITA (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSA DANA SYARIAH DAN KONVENSIONAL DALAM MEMBENTUK PORTOFOLIO OPTIMAL (Studi pada Perusahaan yang tergabung di Bursa Efek Indonesia (BEI). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESSIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESSIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Portofolio optimal merupakan portofolio yang memberikan hasil kombinasi return tertinggi dengan risiko yang terendah, dimana Pembentukan portofolio menjadi hal penting sehingga dapat mengambil keputusan ketika akan berinvestasi. Salah satu untuk mempengaruhi seseorang berinvestasi dengan cara melihat kinerja Reksadana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbedaan kinerja Reksadana Saham Syariah dan Konvensional dalam membentuk Portopolio Optimal dengan menggunakan metode Sharpe dan Treynor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan studi komparatif terhadap sampel yang telah dipilih selama periode Januari 2018 sampai dengan Desember 2019.Sampel penelitian adalah jenis reksadana saham syariah dan reksadana saham konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji beda (Independent sample t-Test) untuk menentukan apakah kedua reksadana saham berbeda secara nyata atau tidak. Alat bantu yang digunakan adalah Aplikasi SPSS ver. 23 dan microsoft excel, sedangkan data yang digunakan adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB), IHSG dan 7-days Rate Repo bulanan selama periode penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan kinerja reksadana saham dengan menggunakan metode Sharpe baik reksadana saham syariah maupun konvensional tidak ada perbedaan secara signifikan.Begitu juga hasil perhitungan kinerja reksadana saham dengan menggunakan metode Treynor memperlihatkan tidak adanya perbedaan antara kinerja reksadana saham syariah dengan reksadana saham konvensional.Hal ini menjadi salah satu bukti perkembangan ekonomi syariah di Indonesia mulai meningkat khususnya dipasar modal, sehingga reksadana syariah dapat bersaing dengan reksadanakonvensional. Kata kunci : Kinerja, portopolio Optimal, reksadana, Sharpe, Treynor

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:25
Last Modified: 03 Feb 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17505

Actions (login required)

View Item View Item