MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI METODE EKPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR ANAK DI TK ANGGREK PUTIH TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG

SULIANI, Amsir majen (2022) MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN SAINS MELALUI METODE EKPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR ANAK DI TK ANGGREK PUTIH TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Suliani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Eksplorasi sains menurut S.Suyanto adalah kegiatan untuk mengamati dan menyelidiki objek dan fenomena alam. metode eksplorasi lindkungan sekitar akan sangat membantu untuk dapat menumbuhkan minat dalam pembelajaran sains. Semakin banyak keterlibatan indera dalam belajar, anak semakin memahami apa yang dipelajari Anak memperoleh pengetahuan baru hasil penginderaannya dengan berbagai benda yang ada disekitarnya. oleh karna itu .penelitian ini membahas tentang mengembangkan pengetahuan sains anak usia dini melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar anak di TK Anggrek Putih Bandar Lampung. Aktivitas sains dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamati), klasifikasi (mengelompokan), prediksi (meramalkan), dan mengomunikasikannya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah adalah kualitatif dengan pendekatan depskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas/guru dan anak usia 5-6 tahun dikelas B sejumlah 12 anak yamg meliputi 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan selanjutnya penelitian analisis mengunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengembangkan pengetahuan sains melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar anak di kelas B yaitu: (i) Guru mempersiapkan kegiatan eksplorasi dengan menetapkan tujuan kegiatan. (ii)Guru melaksanakan kegiatan dengan mendiskusikan kepada anak mengenai prosedur, alat dan bahan, serta membimbing dan mengawasi anak. (iii)Guru melakukan evaluasi dan penilaian kepada anak setelah kegiatan eksperimen selesai dilaksanakan; guru melakukan evaluasi dan memberikan penguatan terhadap perkembangan pengetahuan sains anak dan kemampuan eksplorasi anak, kemudian guru melakukan penilaian sesuai dengan perkembangan pengetahuan sains anak dalam proses eksplorasi lingkungan sekitar anak. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak, melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karena kemampuan anak berbeda-beda. Kata kunci: Pengetahuan Sains, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:38
Last Modified: 02 Feb 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17480

Actions (login required)

View Item View Item