PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI ASRAMA KELAS KHUSUS MTsN 1 BANDAR LAMPUNG

APRILIAN, ELVANITSOE (2022) PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI ASRAMA KELAS KHUSUS MTsN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI APRILIAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN PEMBINA ASRAMA DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGUSITAS PESERTA DIDIK DI ASRAMA KELAS KHUSUS MTSN 1 BANDAR LAMPUNG Oleh : APRILIAN ELVANITSOE Pendidikan merupakan salah satu metode yang efektif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu dari kelima tujuan negara Indonesia, khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari pembangunan suatu bangsa. Namun pada realitanya di dunia pendidikan saat ini, yang dipengaruhi oleh arus globalisasi sejujurnya menghadapi masalah baru yang sangat mengkhawatirkan yang tidak senada dengan visi serta misi dari pendidikan nasional. Dalam hal ini, peran pembina asrama dalam sebuah instansi pendidikan dalam rangka menanamkan karakter religiusitas menjadi penting pada zaman yang semakin berkembang seperti sekarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yaitu ketua asrama, pembina asrama dan peserta didik yang berada dalam lingkup Asrama MTsN 1 Bandar Lampung, serta sumber data sekunder yang peneliti gunakan yaitu informasi�informasi, literature dan data-data lainnya misalnya dokumentasi di Asrama Kelas Khusus MTsN 1 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa (1) Mengenai peran pembina asrama dalam menanamkan karakter religiusitas di Asrama Kelas Khusus MTsN 1 Bandar lampung yaitu; Pembina Sebagai Fasilitator, Pembina Sebagai Pengelola, Pembina Sebagai Demonstrator, Pembina Sebagai Pembimbing, Pembina Sebagai Motivator. (2) Dalam pelaksanaannya, yang menjadi pendukung pembina asrama dalam menanamkan iii karakter religusitas ini tidak bisa dilepaskan dari faktor instisional atau sekolah. Dimana asrama sendiri sudah menetapkan visi serta misinya sebagai tujuan ataupun arah pendidikannya. Serta dengan adanya penyaringan terhadap santri serta tenaga pendidik yang memiliki kompeten dalam bidangnya juga diharapkan dapat membantu mencapai tujuan pendidikan tersebut. Selain itu, pembina juga menghadapi hambatan dalam menanamkan karakter religusitas mulai dari faktor usia yang relatif masih muda menjadi hambatan tersendiri dalam mengarahkan santri. Ditambah dengan lingkungan para santri juga dapat menjadi hambatan, dimana dengan lingkungan yang kurang baik akan membawa kebiasaan yang kurang baik juga dalam diri santri, dan kurangnya tenaga pembina juga mejadi hambatan karena akan membuat kurangnya pengawasan terhadap kegiatan santri. Kata Kunci: Pembina Asrama, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:40
Last Modified: 31 Jan 2022 04:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item