ANALISIS PENGARUH JUMLAH UMKM, DAN JUMLAH TENAGA KERJA UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PADA TAHUN 2014-2019 MENURUT PERPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kabupaten Lampung Tengah)

DENI, INDRAWAN (2022) ANALISIS PENGARUH JUMLAH UMKM, DAN JUMLAH TENAGA KERJA UMKM TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PADA TAHUN 2014-2019 MENURUT PERPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Deni indrawan_1651010554 01.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM merupakan potensi bisnis yang sangat digalakkan oleh pemerintah karena semakin banyak masyarakat berwirausaha maka semakin baik dan kokohnya perekonomian suatu daerah karena sumber daya lokal, pekerja lokal, dan pembiayaan lokal dapat terserap dan bermanfaat secara optimal. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengaruh Jumlah Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2014-2019 Di Kabupaten Lampung Tengah (2) Bagaimana Pengaruh jumlah UMKM dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan (3) Bagaimanakah Pandangan Islam Tentang Pengaruh Sektor UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Penelitian ini bertujuan Untuk Pengaruh jumlah UMKM dan Jumlah Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2014-2019 di Kabupaten Lampung Tengah. metode Penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian, Mixed method (metode gabungan: kuanitatif�kualitatif) sumber data dipeoleh dari data sekunder dengan pengumpulan data mengunakan informasi melalui catatan, dokumentasi Dinas Koperasi UKM dan BPS Kabupaten Lampung Tengah. Populasi yang di ambil dalam penelitian ini adalah jumlah data yang di kumpulkan dari laporan jumlah UMKM, jumlah Tenaga Kerja dan Laju Pertumbuhan Ekonomi dengan sampel 6 tahun dari tahun 2014-2019. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variable Jumlah UMKM tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan demikian Ha diterima dan H1 ditolak. Sedangkan variable jumlah Tenaga kerja UMKM memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan demikian H2 diterima dan H0 ditolak. Ekonomi islam memandang bahwa pertumbuhan ekonomi adalah suatu bagian dari pembangunan ekonomi dengan tujuan membangun membangun ekonomi yang kuat dan mandiri. Dengan hal ini tenaga kerja merupak faktor produksi mempunyai arti yang besar, karena semua kekayaan alam tidak berguna bila tidak diekploitasi oleh manusia dan di kelola oleh buruh. Kata Kunci : Jumlah UMKM, Jumlah Tenaga Kerja dan Pertumbuhan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:39
Last Modified: 28 Jan 2022 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item