STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI KELOMPOK TANI SUKA MAJU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Tani Suka Maju Gunung Ratu Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat)

Wasis, Prasetyo (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KOPI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKSI KELOMPOK TANI SUKA MAJU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Tani Suka Maju Gunung Ratu Kecamatan Bandar Negeri Suoh Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WASIS PRASETYO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lampung Barat merupakan salah satu kabupaten penghasil kopi terbesar di wilayah Lampung, memiliki banyak inovasi-inovasi produk olahan kopi yang dihasilkan. Kelompok-kelompok tani yang dibentuk bertujuan untuk mempermudah pemberian informasi mengenai teknologi-teknologi baru maupun sebagai wadah komunitas masyarakat untuk kegiatan pengembangan dan pemberdayaan kelompok mayarakat tani tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana strategi pengembangan usaha kopi Kelompok Tani Suka Maju dalam upaya meningkatkan produksi? dan bagaimana strategi pengembangan usaha kopi Kelompok Tani Suka Maju dalam upaya meningkatkan produk dalam perspektif Islam? Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pengembangan usaha kopi Kelompok Tani Suka Maju dalam upaya meningkatkan produksi dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha kopi Kelompok Tani Suka Maju dalam upaya meningkatkan produksi dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research), dan sifat penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah jenis data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan data yaitu, editing, coding dan Sistematisasi data, kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian Data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang mengutamakan efektivitas proses dan hasil yang diinginkan. Strategi pengembangan usaha kopi dilakukan melalui sebuah kegiatan penyuluhan pertanian, memanfaatkan bantuan langsung tunai dari pemerintah untuk membeli sarana produksi seperti pupuk, obat�obatan, dan alat-alat pertanian, serta kegiatan pertemuan rutin bersama Petugas Penyuluh Lapangan. Strategi tersebut sudah sesuai dengan ekonomi Islam, di mana barang yang diproduksi sesuatu yang halal yaitu kopi. Dari segi pendanaan memanfaatkan bantuan langsung dari iii pemerintah sehingga terhindar dari unsur riba. Penyaluran bantuan dilakukan secara transparan, adil dan merata. Pada saat menjelang panen, masyarakat biasa melakukan doa bersama supaya hasil panennya bagus, masyarakat dalam setiap aktifitasnya tidak lupa mengawalinya dengan membaca basmallah supaya selalu diberikan kelancaran oleh Allah Swt. Kata Kunci: Pengembangan Usaha, Kelompok Tani, Produksi Kopi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:45
Last Modified: 27 Jan 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item