ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat tahun 2016-2020)

ENI, SUSANTI (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat tahun 2016-2020). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ENI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan gambaran potensi keuangan daerah. Terdapat berbagai sektor yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, diantaranya adalah: sektor pariwisata. Kabupaten Pesisir Barat memiliki banyak obyek wisata yang perlu dikembangkan guna dijadikan sebagai peluang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Dari hal tersebut maka bukan tidak mungkin lagi Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk membuat potensi pariwisatanya dikembangkan dengan mengelolanya menjadi lebih baik sehingga diminati oleh para wisatawan, dan jika dikembangkan dengan sangat baik maka akan menyumbang banyak bagi pendapatan asli daerah Kabupaten Pesisir Barat . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pengembangan pariwisata dari Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan PAD Kabupaten Pesisir Barat dan bagaimana tinjauan perspektif ekonomi islam tentang strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan PAD Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pariwisata yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dalam meningkatkan PAD Kabupaten Pesisir Barat dan bagaimana tinjauan perspektif ekonomi islam tentang strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan PAD Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah upaya pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat dapat dikatakan tidak semua terlaksana dengan maksimal karena saat ini belum ada obyek wisata yang dikelola secara mandiri oleh Dinas Pariwisata melainkan masih dikelola secara pribadi oleh masyarakat. Namun pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Pesisir Barat tetap mengalami peningkatan karena didukung dari kontribusi sektor pariwisata berupa pajak hotel dan pajak restoran. iv Secara umum pariwisata di Kabupaten Pesisir Barat telah sesuai dengan prinsip-prinsip pariwisata syari‟ah, hal tersebut dibuktikan dengan adanya pelayanan yang prima terhadap pengunjung atau wisatawan, tersedianya makanan dan minuman yang halal, serta tersedianya tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Pengembangan pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung, sudah memiliki beberapa obyek pariwisata yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Kata Kunci: Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:17
Last Modified: 27 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item