Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Ganti Rugi Risiko Kerusakan dan Kehilangan Laundry Sepatu (Studi Pada Toko Shoes Clean, Rawa Laut, Bandar Lampung)

HADITIYA, DHARMA IBRAHIM (2022) Tinjauan Hukum Islam Tentang Pelaksanaan Ganti Rugi Risiko Kerusakan dan Kehilangan Laundry Sepatu (Studi Pada Toko Shoes Clean, Rawa Laut, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi HADITIYA DHARMA IBRAHIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jasa Laundry sepatu adalah salah satu dari dari banyak nya bisnis yang diminati oleh banyak orang terutama di kalangan anak muda,tidak sedikit orang yang memakai jasa laundry ini untuk mempermudah pekerjaan nya dalam hal mencuci sehingga laundry sepatu ini banyak sekali di jumpai di setiap sudut perkotaan. Dalam menjalankan usaha tidak luput dari ada nya kecelakaan atau kelalaiann yang di lakukan oleh pihak laundry sehingga mengakibatkan kerugian yang di alami oleh pihak konsumen, dalam hal mengganti sepatu yang rusak atau hilang juga pihak pemilik jasa melakukan perjanjian dengan konsumen bahwa dalam penggantian nya dilihat dari besarnya kerusakan yang terjadi, sehingga dalam hal perjanjian nya tidak ada yang dirugikan antara pemilik jasa dan konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1)Bagaimana pelaksanaan ganti rugi risiko tentang kerusakan dan kehilangan pada laundry sepatu di Kota Bandar Lampung ?, (2)Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan ganti rugi risiko kerusakan dan kehilangan dalam pelayanan laundry sepatu di Kota Bandar Lampung ? Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, field research yang bersifat deskriptif analisis serta data primer didapat dari wawancara langsung kepada responden yaitu pemilik laundry, pihak konsumen yang berada di toko shoes clean Jalan MR Gele Harun Rawa Laut Bandar Lampung, sedangkan data sekunder didapat dari hasil penelaahan serta buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan ganti rugi yang di lakukan pihak toko adalah dengan membuat sebuah perjanjian harga sesuai besar nya kerusakan yang di alami oleh konsumen(2) Tinjauan dalam hukum Islam tindakan pihak toko laundry dalam mengganti barang yang di rusak adalah suatu hal yang tepat dan telah mengikuti hukum islam yang berlaku seperti dalam Hal ini sesuai dengan fatwa DSN NO:43/DSNMUI/VIII/2004 tentang ijarah. Dan pakar fiqih mengatakan bahwa pemberian ganti rugi adakalanya berbentuk barang dan ada kalanya berbentuk uang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:04
Last Modified: 27 Jan 2022 02:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17404

Actions (login required)

View Item View Item