STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN 02 WAY SERDANG MESUJI

SITI, KHARUNIA WATI (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN 02 WAY SERDANG MESUJI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI KHARUNIA WATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS V SDN 02 WAY SERDANGMESUJI Oleh: SITI KHARUNIA WATI Minat adalah rasa suka atau ketertarikan seseorang pada sesuuatu tanpa adanya paksaan. Minat seseoramg dalam belajar juga dapat menurun, disebabkan dalam beberapa hal, diantaranya yaitu: pengaruh gadget, acara tevisi yang menarik, pengaruh teman yang selalu mengajaknya bermain terus serta peserta didik yang terbiasa belajar secara tatap muka harus terpaksa belajar secara daring, dan jam pembelajarannya pun tidak menentu dan terbatas, sehingga proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara maksimal. Secara tidak langsung jika pembelajaran terus menerus berjalan seperti saat ini maka, hasil belajar peserta didik akan menurun, serta akan berdampak terhadap minat belajar mereka juga, untuk itu dalam meningkatkan minat belajar pada peserta didik guru membutuhkan strategi yang dapat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didiknya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta dididk pada masa pandemi covid-19 kelas V SDN 02 Way Serdang Mesuji? 2) apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemic covid�19 kelas V SDN 02 Way Serdang Mesuji? Tujuan penelitian ini adalah untuk 1)mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta dididk pada masa pandemi covid�19 kelas V SDN 02 Way Serdang Mesuji. 2)apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemic covid-19 kelas V SDN 02 Way Serdang Mesuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan data deskriptif. Adapun subjek penelitiannya adalah guru kelas V serta peserta didik kelas V SDN 02 Way Serdang Mesuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemic covid-19 sebgai berikut: 1) menyajikan materi yang dirancang. 2) memberikan rangsangan (berupa dorongan dan iii penghargaan sebagai bentuk apresiasi agar peserta didik antusias dan semangat). 3)mengembangkan kebiasaan teratur (membentuk kebiasaan baik). 4) meningkatkan kondisi fisik peserta didik (memberikan perhatian dan menjaga komunikasi). 5) menyediakan fasilitas pendukung dalam pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemic meliputi 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. 1) faktor pendukung meliputi: internet yang mendukung, memiliki gadget, atau laptop, memiliki buku pembelajaran 2) faktor penghambatnya meliputi: peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran daring, keterbatasan waktu pembelajaran, kurangnya fasilitas dalam belajar seperti keterbatasan kepunyaan gadget, laptop dan alat pendukung daring lainnya.Dengan strategi-strategi yang telah digunakan oleh guru dapat membangkitkan minat belajar peserta didik terlihat pada perasaan senang (suka) peserta didik, pemusatan perhatian peserta didik, ketertarikan peserta didik dalam proses pembelajaran dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Strategi Guru, Minat Belajar, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:35
Last Modified: 26 Jan 2022 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17401

Actions (login required)

View Item View Item