PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD/MI

ANA, ROSIDA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MIND MAPPING PADA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (25MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANA ROSIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian yag telah dilakukan diketahui menunjukan bahwa penggunaan LKPD yang digunakan bukanlah LKPD yang dikembangkan oleh pendidiknya melainkan masih mengggunakan LKPD yang disediakan pemerintah, meskipun dapat mendukung peserta didik dalam belajar tetapi masih kurang efektif dilihat dari tingkat keaktifatan peserta didik yang masih rendah dan belum menunjukan berfikir kretifnya. Sedangkan yang dibutuhkan LKPD yang lebih menarik sehingga dapat membangkitkan motivasi pembelajaran peserta didik pada pembelajaran Tematik.. Dengan demikian peneliti mengembangkan LKPD yang lebih menarik seperti LKPD berbasis Mind Mapping ini mampu menangani kesulitan peserta didik dalam mengerjakan materi saat proses pembelajaran berlangsung dan efektif mampu meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Peneliti dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan LKPD berbasis mind mapping pada pembelajaran tematik di SD/MI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan Borg and Gall dan dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi pendidik, lebar observasi peserta didik, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket validasi ahli bahasa, serta respon pendidik dan peserta didik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis mind mapping pada pembelajaran tematik memperoleh katagori sangat layak dangan persentase dari ahli materi 94%, ahli media memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 98%, ahli bahasa memperoleh kategori sangat layak dengan persentase sebesar 93,33%, Penilaian pendidik memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase sebesar 94,61%, sedangkan Penilaian peserta didik pada tahap uji coba skala kecil memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase sebesar 93,76%, dan Penilaian peserta didik pada tahap uji coba skala besar memperoleh kategori sangat menarik dengan persentase sebesar 93,84%. Dengan demikian LKPD berbasis mind mapping pada pembelajaran tematik yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik dijadikan sebagai media pembelajaran untuk SD/MI pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: LKPD, Tematik, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:27
Last Modified: 25 Jan 2022 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17368

Actions (login required)

View Item View Item