PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP KAPASITAS FISKAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM (SURVEY PADA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2010-2019)

Dwi, Sulistyanto (2022) PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO TERHADAP KAPASITAS FISKAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM (SURVEY PADA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN 2010-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-bab 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sejak adanya sistem disentralisasi, pemerintah daerah dapat mengatur dan mengalokasikan secara mandiri penerimaan daerah dalam pengelolaan kewenangannya. Kemandirian daerah dapat dicerminkan melalui kapasitas fiskal daerah. Indeks Kapasitas Fiskal (IKF) Kabupaten Lampung Utara berada dalam kategori sedang. Kabupaten Lampung Utara memiliki luas wilayah sebesar 2,725.78 km2 , namun pajak dan retribusi daerahnya masih rendah. Dan laju pertumbuahan produk domestik regional bruto (PDRB) fluktuasi dari tahun 2010-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak daerah, retribusi daerah, dan produk domestik regional bruto terhadap kapasitas fiskal dalam perspektif Islam (survey pada Kabupaten Lampung Utara tahun 2010-2019). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Popolasi dalam penelitian ini adalah data dari kapasitas fiskal Kabupaten Lampung Utara yang terdapat pada Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik sampling jenuh. Sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 data tahunan dari tahun 2010-2019. Sampel yang diambil adalah data pajak daerah, retribusi daerah, produk domestik regional bruto, dan kapasitas fiskal. Data yang diolah adalah data sekunder yang diperoleh peneliti melalui data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dan Kementrian Keuangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer Eviews versi 10. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simulutan variabel pajak daerah, retribusi daerah, dan produk domestik regional bruto berpengaruh signifikan terhadap kapasitas fiskal. Secara parsial variabel pajak daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapasitas fiskal, sedangkan variabel retribusi daerah dan produk domestik regional bruto tidak berpengaruh signifikan terhadap kapasitas fiskal. Kata kunci : pajak daerah, retribusi daerah, produk domestik regional bruto, kapasitas fiskal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:12
Last Modified: 25 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item