PENGGUNAAN MEDIA ILUSTRASI GAMBAR BERTAJUK ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-FURQON RAWI LAMPUNG SELATA

Reni, Hastari (2022) PENGGUNAAN MEDIA ILUSTRASI GAMBAR BERTAJUK ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS AL-FURQON RAWI LAMPUNG SELATA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (977kB)
[thumbnail of reni (SKRIPSI).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dalam pembelajaran yaitu : sulit untuk menumbuhkan ketertarikan dari dalam diri siswa untuk mengikuti pelajaran, karna proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik atau metode yang digunakan kurang bervariasi, sehingga di Mts Al-Furqon Rawi Lampung Selatan, hasil belajar peserta didik masih terbilang rendah. Berdasarkan rumusan masalah Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Ilustrasi Gambar bertajuk islami terhadap peningkatan Hasil Belajar pada siswa kelas VII mata pelajaran Fiqih di Mts A-furqon Rawi” Oleh karna nya peneliti menggunakan media pembelajaran yaitu media Ilustrasi gambar bertajuk islami terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII di Mts Al-Furqon Rawi Lampung Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimen dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif dan analisis data bersifat statistik, design yang digunakan ialah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel atau teknik sampling nya yaitu menggunakan teknik Clustur Random Sampling dengan kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas Kontrol. Instrumen pada penelitian ini memakai tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar Kognitif dan non-tes untuk aspek hasil belajar psikomotorik untuk melihat keterampilan dalam mendemonstrasikan sholat. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji Independent sampel t-test dari hasil Posttest kelas kontrol dengan nilai sebesar 62,18 sedangkan kelas Eksperimen 80,00, memperoleh thitung > dari ttabel ( 2.379 > 0,020) atau nilai Sig < a yaitu 0,020 < 0,05 dan Presentase hasil penilaian ranah Psikomotorik rata-rata kelas kontrol yang bisa mendemonstrasikan solat sebesar 50 % dan kelas eksperimen sebesar 97% jadi dapat disimpulkan bahwa Hi diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan media ilustrasi gambar bertajuk islami terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII di Mts Al-Furqon Rawi. Kata Kunci : Media Ilustrasi gambar bertajuk islami, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:25
Last Modified: 25 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item