PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL MELALUI EKSTRAKULIKULER PASKIBRA DALAM MENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RIZKY, ALDIYAN (2022) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL MELALUI EKSTRAKULIKULER PASKIBRA DALAM MENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam diri seseorang khususnya anggota Paskibra, dengan memiliki rasa percaya diri serta keyakinan peserta didik akan mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada dalam dirinya. Pada kenyataannya kepercayaan diri masih menjadi sebuah masalah yang mengganggu bagi peserta didik anggota Ekstrakurikuler Paskibra, dalam membantu meningkatan rasa percaya diri peserta didik penerapan layanan bimbingan pribadi sosial melalui Ekstrakurikuler Paskibra sangat diperlukan dalam proses pemberian bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial melalui Ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di SMP Negeri 16 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber data untuk menggabungkan dan memadankan dari metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diadakan maka disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan pribadi sosial melalui Ekstrakurikuler Paskibra telah diterapkan dengan baik melalui beberapa tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan penerapan layanan bimbingan pribadi sosial yang dilakukan selama dua kali, peserta didik yang terindikasi memiliki rasa percaya diri rendah yaitu, NPC, IZKA, NS, ASA, IZPW, INDV dan MZF sudah menunjukkan adanya peningkatan dan pemahaman terkait rasa percaya diri adapun kepercayaan diri peserta didik yang meningkat di buktikan dengan berani mengemukakaan pendapat, yakin terhadap kemampuan yang dimiliki, menunjukkan kesungguhan dalam melakukan serta mengemukakan pendapat pada saat iii pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan pribadi sosial, peningkatan kepercayaan diri peserta didik dengan kriteria tinggi sesuai indikator secara signifikan berjumlah enam peserta didik yaitu, ASA, NPC,ISPW, INDV, MZF dan NS sedangkan satu peserta didik dengan kriteria sedang yaitu KA. Kata Kunci :Bimbingan Pribadi Sosial, Ekstrakurikuler Paskibra, Rasa Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:18
Last Modified: 25 Jan 2022 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item