Pembelajaran pendidikan agama islam dalam internalisasi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa peserta didik di Sman 2 Kota Agung Kabupaten Tanggamus

Yusnita, Erni (2017) Pembelajaran pendidikan agama islam dalam internalisasi nilai-nilai budaya dan karakter bangsa peserta didik di Sman 2 Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (584kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (866kB) | Preview
[thumbnail of Tesis.pdf]
Preview
PDF
Download (773kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah upaya mengadakan perubahan-perubahan dengan cara tertentu dari seorang siswa terhadap pemahaman tentang agama Islam yang mana nantinya berimplikasi kepada perubahan prilaku, ataupun cara pandang terhadap nilai-nilai agama islam. Namun hasil pembelajaran pendidikan agama islam yang berlangsung selama ini belum mampu menanamkan nilai-nilai moral-etis ke dalam pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang berakhlak mulia sebagaimana yang dicita-citakan. Hal ini membutuhkan penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik khususnya pada mata pelajaran PAI yang diajarkan. Berkaitan dengan hal ini maka pelaksanaan pembelajaran PAI sangat penting untuk mengantarkan peserta didik yang berkarakter. Dalam penelitian ini analisis diarahkan pada unsur pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAI sudah baik dilaksanakan dan diawali dari perencanaan. Dalam perencanaan, guru telah mampu membuat dan melengkapi perencanaan pembelajaran dengan sangat baik. Kemudian dalam pembelajaran PAI, kegiatan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa yang sudah diintegrasikan dalam RPP dan diimplementasikan dalam proses pelaksanaan, dimana nilai-nilai karakter bangsa tersebut diantaranya nilai religius, siswa terlebih dahulu diminta untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran dengan membaca surat pendek. Dalam kaitan dengan nilai kejujuran guru Bidang Studi PAI selalu mengajarkan kepada peserta didik untuk berperilaku jujur dengan menyesuaikan antara ucapan dan perbuatan serta memilik rasa tanggung jawab. Guru Bidang Studi PAI, selalu memberikan bimbingan kepada peserta didik tanpa membedakan siswa yang satu dengan yang lain yang. Dalam menerapkan budaya disiplin kepada peserta didik seperti diterapkan dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah yang dilakukan di sekolah. Kemudian mengajarkan kepada peserta didik akan arti nilai kerja keras dan ketekunan. Dalam kaitan dengan nilai kreatif, Guru Bidang Studi PAI menggunakan pendekatan yang imajinatif sehingga kegiatan pembelajaran dapat semakin lebih menarik. Guru selalu menciptakan suasana kelas yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja mandiri. Mengajak siswa untuk berfikir, dan bertindak yang menilai secara sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Guru memberikan penghargaan atas hasil karya peserta didik dengan mengucapkan selamat dan memberikan bingkisan kepada siswa teladan berprestasi. Membiasakan para siswa untuk memelihara kebersihan lingkungan kelas..Dan yang terakhir dalam pembelajaran PAI guru melaksanakan evaluasi sesuai tercantum dalam RPP dan mengakhiri penilaian pada tahap tindak lanjut/follow up.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 30 Oct 2017 01:59
Last Modified: 30 Oct 2017 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item