HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN STRES AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA

DINDA, SEPTIANA (2022) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN STRES AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN STRES AKADEMIK DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA Oleh : Dinda Septiana Pendidikan merupakan suatu hal penting untuk kebutuhan manusia. Tanpa adanya pendidikan, seseorang tidak dapat hidup berkembang sesuai dengan cita-cita yang ingin dicapai. Setiap orang memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda. Kemampuan akademik yang rendah, akan menimbulkan perilaku menyimpang untuk mencapai suatu keberhasilan secara instan dalam bidang akademik yaitu dengan cara menyontek pada saat proses belajar disekolah. Pada saat ini Indonesia sedang dilanda pandemi virus COVID-19 sehingga sistem pembelajaran dirubah menjadi online. Hal tersebut menyebabkan siswa dengan mudah melakukan tindakan menyontek, karena kurangnya pengawasan dari guru. Penyebab perilaku menyontek terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, salah satu faktor internal yaitu efikasi diri dan faktor eksternal yaitu tekanan-tekanan yang menyebabkan siswa mengalami stres akademik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan efikasi diri dan stres akademik dengan peilaku menyontek siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri Tanjungsari pada tahun ajaran 2020/2021 sejumlah 294 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan 73 siswa SMK Negeri Tanjumgsari. Penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala perilaku menyontek, skala efikasi diri, dan skala stres akademik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara efikasi diri dan stres akademik dengan perilaku menyontek siswa di SMK Negeri Tanjungsari. Nilai R sebesar 0,792 dan nilai p sebesar 0,00 < 0,01 dengan kontribusi variabel sebesar 62,6% dan 37,4% lagi dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil korelasi variabel efikasi diri dengan perilaku menyontek diperoleh nilai R = - 0,569 dan nilai p = 0,00 < 0,01 dengan sumbangan efektif 14,5% yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek, sehingga semakin tinggi efikasi diri maka iii semakin rendah perilaku menyontek. Hasil korelasi variabel stres akademik dengan perilaku menyontek diperoleh nilai R = 0,760 dan nilai p = 0,00 < 0,01 dengan sumbangan efektif 48,1% yang berarti bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara stres akademik dengan perilaku menyontek, sehingga semakin tinggi stres akademik maka semakin tinggi perilaku menyontek. Kata Kunci: Perilaku Menyontek, Efikasi Diri, Stres Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:30
Last Modified: 24 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17318

Actions (login required)

View Item View Item