SISTEM PEMOTONGAN TIMBANGAN DALAM JUAL BELI PISANG TANDANAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus)

ADE, BURHANUL AZIZ (2022) SISTEM PEMOTONGAN TIMBANGAN DALAM JUAL BELI PISANG TANDANAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ADE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus adalah mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai petani perkebunan pisang. Petani menjual pisang tandanan kepada pengepul dan setiap tandan pisang akan dibebani pemotongan yang sama antara pisang jenis besar maupun pisang berjenis kecil. Adapun pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem pemotongan timbangan dalam jual pisang tandanan yang terjadi di Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus, dan bagaimana persektif Hukum Islam terhadap sistem pemotongan timbangan dalam jual beli pisang tandanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemotongan timbangan dalam jual beli pisang tandanan dan untuk mengetahui perspektif Hukum Islam tentang adanya sistem tersebut. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research), data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder dan dikumpulkan melalui observasi, interview dan dokumentasi. Pengolahan data melalui sistemazing, editing dan analizing. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif. Hasil penelitian ini adalah Sistem jual beli pisang tandanan yang berlangsung di tengah masyarakat Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus telah dipraktikan menurut kebiasaan yang berlaku ditengah masyarakat tersebut. Jual beli dilakukan dengan penerapan sistem pemotongan timbangan, dimana pemotongan timbangan tersebut menyamaratakan antara jenis pisang yang besar maupun jenis pisang kecil. Hal ini dinilai merugikan jika pisang jenis kecil dipukul samarata pemotongan timbangannya dengan jenis pisang yang besar. Meskipun secara praktik dan secara fiqihnya jual beli dengan sistem seperti ini sah, tetapi mengandung unsur-unsur kedzaliman dan ketidak adilan, yang sudah menjadi tradisi turun menurun yang tidak baik dalam sistem jual beli pisang tandanan, sehingga salah satu pihak merasa dirugikan yaitu petani pisang yang ada di Desa Sidoharjo Kecamatan Kelumbayan Barat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:13
Last Modified: 24 Jan 2022 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17315

Actions (login required)

View Item View Item