PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK DI SDN 3 MERAK BATIN KEC. NATAR KAB. LAMPUNG SELATAN

DIAH, AYU BUNGA TANTRI (2022) PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK DI SDN 3 MERAK BATIN KEC. NATAR KAB. LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAH AYU KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN ANAK DI SDN 3 MERAK BATIN KEC. NATAR KAB. LAMPUNG SELATAN Student centered learning merupakan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan,sikap dan perilaku, kedisiplinan dan kemandirian merupakan fondasi yang sangat penting bagi sebuah bangsa,jika kedisiplinan dan kemandirian telah tertanam dan terbentuk baik dalam diri setiap insan sejak dini,maka hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak untuk menjalani proses selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan student centered learning dalam menanamkan kedisiplinan dan kemandirian anak oleh guru di SDN 3 Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui,wawancara, observasi,dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, hasil penelitian menunjukkan langkah-langkah pendekatan student centered learning dalam menanamkan kedisiplinan dan kemandirian anak sebagai berikut: 1) Seleksi Topik 2)Perencanaan kerja sama 3) Implementasi 4) Analisis 5) Penyajian hasil akhir 6) Evaluasi. Keenam langkah student centered learning ini dapat menjadi alternatif untuk menanamkan kedisiplinan dan kemandirian anak usia dini. Pendidik tidak harus menekankan tingkat keberhasilan yang dilakukan anak,melainkan harus melihat setiap kemampuan yang dimiliki anak, karna anak memiliki kemampuan yang berbeda beda. Kata kunci: Student Centered Learning, Kedisiplinan dan Kemandirian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:00
Last Modified: 24 Jan 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item